Lima Gurun Ter-Ekstrem
Travel

Lima Gurun Ter-Ekstrem

by Pandu
Wed, 25-Nov-2015

Dalam kaset lawakan Warkop Prambors, Makin Tipis Makin Asyik, Indro sebagai pengajar bilang kalau saat itu usia bumi mencapai 4.500 juta tahun. Yang lalu disahuti mendiang Dono “Segitu mulu umurnya Pak Guru, nggak nambah-nambah? Dari jaman kakak saya juga segiitu.”

Di umur segitu sudah banyak perubahan iklim yang Bumi lewati. Sampai akhirnya kini bisa cocok untuk jadi habitat manusia. Selama beberapa lama, Bumi sempat diguyur hujan deras dan diterjang suhu dingin ekstrem.

Hal tersebut menyebabkan pembentukan gurun –daerah‘non-manusia’. Gurun. Wilayah kering, panas, dan minim air. Adanya gurun, sebetulnya berguna untuk mengingatkan manusia pentingnya air. Tanpa air, bumi bisa jadi cuma gundukan pasir yang tak bisa ditanami apapun. Apalagi ditinggali, seperti lima gurun di bawah ini:

1. Gurun Namibia

Pasir yang membentang sejauh 2000km dari Angola sampai Afrika Selatan dipercaya sebagai yang tertua. Para ilmuwan memprediksi usia Gurun Namibia antara 55-80 juta tahun lalu. Nama lain gurun ini “Pantai Belulang”

2. Gurun Gobi

Gurun terluas kelima di dunia ini meliputi perbatasan China dan Mongolia. Gurun Gobi juga termasuk yang paling ekstrem. Malam di Gurun ini bisa sampai -40 derajat. Siangnya melebihi 50 derajat C.

3. Gurun Atacama

Disebut sebagai gurun paling kering di bumi. Cuma ada pasir dan butiran garam. Tak pernah ditemukan sama sekali tumbuhan di Gurun Atacama. Film-film yang berlatar planet Mars biasa syuting di gurun ini karena terlihat mirip.

4. Gurun Sahara

Dinobatkan sebagai ketiga yang terluas di dunia, 9,400,000 km2. Mencakup 11 negara sekaligus, Algeria, Chad, Mesir, Eritrea, Libya, Mali, Mauritania, Morocco, Niger, Sudan, dan Tunisia. Jaman dulu hanya unta yang kuat melewati gurun keras ini.

5. Gurun Arab

Di balik timbunan pasir yang menggunung, ada harta karun yang jadi rebutan setiap orang. Minyak Mentah. Gurun Arab mencakup 8 Negara penghasil Minyak OPEC, Iraq, Yordan, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, UAE dan Yaman.

Kalau boleh, agar Bumi tetap seperti ini. Tidak terjadi cuaca ekstrem dalam waktu dekat. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto matadornetwork]