6 Daerah Indah di India
Travel

6 Daerah Indah di India

by Pandu
Wed, 02-Dec-2015

Pada film Eat, Pray, Love [2010], Julia Roberts mendapat saran ketika melancong ke India. "Jangan pernah minum soda langsung dari botol, tanpa sedotan". Dalam satu perjalanan, Julia Roberts belajar tentang kekuatan doa serta local wisdom.

Bagi traveler sejati, menyinggahi India hukumnya 'wajib'. Negeri ini adalah pos perhentian utama Asia Selatan sebelum melanjutkan perjalanan ke mana pun itu. Bahkan The Beatles menjadikan negara ini sebagai tujuan utama untuk menggali spiritualitas.

Tapi India bukan melulu New Delhi, Mumbai, dan Kalkuta. Masih ada destinasi lain yang perlu dijangkau. Melangkahlah jauh sampai ke enam tempat ini:

1. Ladakh

Scene akhir film Three Idiot mengambil latar Ladakh. Langit biru, pegunungan serta danau. Budaya setempat lebih mendekati Budaya Tibet ketimbang India umumnya. Jalan utama ke Ladakh cuma dibuka November dan Mei ketika salju mencair.

2. Pulau Andaman

Jika mengayuh terus ke Utara dari Pulau Weh, Aceh, kamu akan sampai juga ke Andaman. Di sini ada banyak pulau kecil yang berisi penginapan. Selain seafood, ada sunset yang menyalang di sepanjang horison.

3. Gujarat

Disebut juga sebagai "Permata" India. Gujarat termasuk kota tua yang sudah ada sejak peradaban Sungai Indus. Banyak ditemukan artefak peradaban lama di sini. Selain itu di sini pun ada porselen dan kain terbaik. 

4. Rajasthan

Kota ini seperti kota dalam dongeng, masih banyak gedung tua dan kastil yang terawat rapi dari waktu lampau. Lonely Planet mengganjar tempat ini sebagai tempat yang harus disinggahi jika pergi ke India.

5. Rishikesh

Waktu ke India, Rishikesh adalah kota yang dituju oleh The Beatles. Di sini mereka menimba spiritualitas dari Mahaguru. Beberapa turis datang ke sini sengaja untuk mencopot keduniawiannya sementara waktu. Seperti yang dulu dilakukan The Beatles.

6. Himalaya

Terakhir, Pegunungan Suci, Himalaya yang juga bagian dari India. Orang yang bisa bertahan di kaki gunungnya saja termasuk hebat karena dalam kondisi itu perlu ketahanan tubuh yang tangguh. Apalagi bisa sampai puncaknya? Berarti merekai termasuk orang-orang terpilih. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto Wikipedia]