Gua Son Doong & Tiket Masuknya
Travel

Gua Son Doong & Tiket Masuknya

by Pandu
Fri, 04-Dec-2015

Gua Son Doong yang berarti Gunung Sungai ini mulai jadi objek wisata sejak 2010. Para pemanjat tebing, fotografer, dan peneliti, semua bergairah untuk masuk ke dalam gua terbesar di dunia ini. Tentu dengan tujuannya masing-masing.

Gua ini membentang sejauh 9 km, dari perbatasan Vietnam menuju Laos. Kedalaman Son Doong bahkan mencapai 45m sampai 150 m, tergantung sedang dibagian mana berdiri. Yang jelas, gua ini sudah tercipta sejak periode Permian, sekitar 252 juta tahun lalu.

Karena begitu tua dan besarnya, Gua Son Doong ini hingga punya dua bagian hutan di dalamnya. Keajaiban lain ialah keberadaan awan di atap batuan kapurnya. Serta aliran deras sungai yang membelah gua ini.

Persis seperti dunia baru di dalam gua ini seperti di kisah-kisah dongeng. Para peneliti bahkan sampai keheranan ada batuan-batuan bulat yang berjejer seperti telur. Tapi belum diketahui itu apa, entah fosil telur atau biji tanaman.

Di sini pun belum ditemukan tanda-tanda bekas kehidupan manusia purba. Hanya ada jejak serangga serta monyet.

Trek pariwisata ke Gua Son Doong cuma dibuka pada Februari sampai Agustus. Selebihnya terlalu berbahaya untuk orang awam, karena curah hujan yang tinggi. Membuat level air di dalam gua juga ikut naik. Untuk wisata menjelajah gua hingga tuntas, per turis dikenai biaya $3,000 atau sekitar Rp 41.500.000. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto john spies]