7 Gunung Tersulit Treknya
Travel

7 Gunung Tersulit Treknya

by Pandu
Mon, 07-Dec-2015

Tiap gunung pasti punya ciri khas masing-masing, baik itu curah hujan, tingkat kedinginan sampai kemistisannya. Yang jelas, pendaki harus menyiapkan mental sekaligus fisik supaya tidak terkecoh di jalan.

Apalagi kalau lagi naik 7 gunung ini, terkecoh sedikit bisa nyasar atau jatuh ke jurang. Ini adalah 7 gunung paling susah didaki versi kami, sikat!

1. Puncak Cartenz [Papua] - 4.884 mdpl

Puncak paling tertinggi di Indonesia ini juga masuk dalam rangkaian "Seven Summit Dunia". Bagi yang tidak ingin mendaki dari bawah sekali, biasa ambil jalan pintas lewat PT. Freeport. Tapi perlu minta izin dan menunggu untuk mendapatkan izin. Jangan lupa, pendaki harus bawa duit yang banyak karena harga bayaran porter di sini mahal.

2. Gunung Latimojong [Sulawesi Selatan] - 3.680 mdpl

Ada 7 puncak yang berbeda di Gunung Latimojong. Untuk mencapainya, pendaki harus menembus hutan lebat yang masih dihuni berbagai satwa. Perlu kaki yang kuat karena tanjakannya curam.

3. Gunung Salak [Bogor, Jawa Barat] - 2.221 mdpl

Tidak terlalu tinggi, tapi punya banyak jalur bercabang yang bisa bikin kesasar. Belum lagi trek yang curam dan masih adanya lumpur hidup. Jadi pendaki perlu stamina tebal supaya konsentrasi tetap terjaga. Satu lagi, curah hujan di sini tinggi dengan tiupan angin yang kencang.

4.Gunung Leuser [Aceh] - 3.404 mdpl

Sempat dijadikan tempat persembunyian anggota GAM lantaran treknya yang sangat sulit. Tim Wanadri yang bisa mencapai puncaknya kehilangan seorang teman yang terseret arus deras. Pendaki yang ke sini bisa makan waktu 9-10 hari agar bisa sampai di atas.

5. Gunung Raung [Jawa Timur] - 3.332 mdpl

Puncak gunung ini dinamai "Sejati". Perlu keterampilan webbing serta memanjat tebing untuk tiba di ujungnya. Elevasinya terbilang curam. Kalau salah, pendaki bisa terjatuh ke kaldera sedalam 500m.  Dipastikan tidak bernyawa jika kecelakaan itu terjadi.

6. Gunung Kerinci [Jambi] - 3.808 mdpl

Gunung tertinggi di Sumatera ini punya segala jenis medan. Pendaki disambut oleh ladang pertanian yang hijau dan berakhir di titik kosong. Hanya ada pasir, batu dan horison yang tak terhalang.

7. Gunung Argopuro [Jawa Timur] - 3.088 mdpl

Treknya tidak terlalu curam, tapi panjang sekali. Perlu minimal 2 hari supaya bisa sampai ke puncak. Di Argopuro juga terkenal cuaca dinginnya yang bisa menembus sampai dalam tenda. [][teks & foto @HaabibOnta]