10  Gereja Terindah di Dunia
Travel

10 Gereja Terindah di Dunia

by Yogira
Mon, 28-Dec-2015

Jutaan umat Nasrani di seluruh dunia merayakan hari Natal setiap 25 Desember. Biasanya, mereka berlibur hingga tahun baru dengan berwisata. Nah, kalau objek wisatanya adalah gereja indah, pastinya liburan pun mengandung hikmah.

Dari sekian banyak gereja Indah di dunia ini, yang seringkali dikunjungi setelah liburan Natal. Sebagai referensi, Anda bisa simak dulu 10 gereja terindah di dunia versi situs oddstuffmagazine.com. Siapa tahu Anda mau mengunjunginya.

1. Las Lajas Cathedral

Lokasinya d dekat ngarai Sungai Guaitara, Kolombia. Bangunan Gereja bergaya  Gothic Revival ini dibangun  pada tahun 1949 . Arti namanya berasal dari nama “Para Laja” yakni jenis batuan sedimen datar.

2. Sagrada Familia

Inilah gereja megah Katolik Roma di Barcelona Spanyol. Perancangnya, Antoni Gaudi. Gereja ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. Katedral St Basil

Gereja Ortodoks Rusia ini lokasinya di Lapangan Merah. Desain bangunannya seperti nyala api unggun naik ke langit.

4. Hagia Sophia

Sebenarnya bangunan bekas patriarki basilika Ortodoks ini pernah menjadi masjid di Istanbul, Turki. Gereja ini terkenal karena kubahnya sebagai perlambang arsitektur Bizantium.

5. Basilika Santo Petrus

Gereja ini sudah ada sejak zaman Renaisans akhir, lokasinya di Vatikan. Santo Petrus dianggap sebagai salah satu situs paling suci bagi umat Katolik.

6. Notre Dame

Ini termasuk katedral Katolik Roma di bagian Timur Paris, Prancis. Bangunan ini dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gotik di Prancis dan di Eropa.

7. Hallgrimskirkja

Lokasinya di Reykjavik, Islandia yang didesain Arsitek Guojon Samuelsson pada tahun 1937. Bangunan setinggi 74,5 meter itu adalah gereja terbesar di Islandia dan keenam struktur arsitektur tertinggi di Islandia.

8. Gereja Jubilee

Letaknya di Tor Tre Teste, Roma Itali. Arsitek gereja ini adalah Richard Meier. Menurutnya, gereja Jubilee merupakan ‘Mahkota’ Keuskupan Agung Roma.

9. Notre Dame du Haut

Kapel Notre Dame du Haut dirancang oleh arsitek Le Corbusier, terletak di Ronchamp, Prancis. Sebagai arsiteknya, Le Corbusier merasakan hubungan yang sakral antara gereja ini dengan bukit di  sekitar kapel, serta  pegunungan yang mendominasi lanskap pegunungan di sekitarnya.

10. The Crystal Cathedral

Gereja ini berada di Garden Grove, Orange County, California, Amerika Serikat. Meskipun termasuk gereja indah, sayangnya  katedral ini  dinyatakan pailit  pada Oktober 2010.  
[][teks @firza/oddstuffmagazine.com | foto berbagai sumber]