10 Kuil Terindah di Asia
Travel

10 Kuil Terindah di Asia

by Pandu
Wed, 30-Dec-2015

Sejak dulu, kuil, candi, atau stupa dipakai untuk sembahyang para penganut agama tertentu demi kekuatan semesta. Oleh karena itu, pembuatannya pasti memakan waktu lama supaya mendapatkan hasil maksimal.

Walau sudah melewati waktu ratusan tahun, tetap saja kuil-kuil ini tetap kokoh. Meski cuma pakai bahan seadanya. TheRichest.com telah merangkum 10 kuil terbaik di wilayah Asia. Borobudur dan Prambanan termasuk di dalamnya lho. Ini daftar lengkapnya:

1. Wat Rong Khun, Thailand

Seluruh kuil ini berwarna putih, perlambang kemurnian dari Buddha, memadukan desain arsitektur kontemporer, modern, dan sentuhan religius.

2.  Angkor Wat, Kamboja

Selain menjadi situs suci penganut Buddha, Ankor Wat juga jadi destinasi utama wisata Kamboja. Tiap tahun jutaan pengunjung memadati tempat ini.

3. Kuil Emas, India

Para penganut agama Sikh menjadikan kuil ini sebagai situs suci. Dulu, pemimpin spiritual mereka, Guru Nanak, biasa semedi di tempat keramat ini.

4. Candi Prambanan, Indonesia

Dibangun abad ke-10, tadinya Prambanan adalah sebuah kompleks percandian. Sekarang hanya tersisia 3, untuk Dewa Wisnu, Brahma, dan Siwa.

5. Kuil Sri Ranganathaswamy, India

Sebetulnya kuil ini dipakai untuk menyembah dewa Ranganatha, bentuk lain dewa Wisnu yang maha pemurah dan pendengar. Di antara yang lain, kuil ini paling berwarna.

6. Pagoda Shwedagon, Myanmar

Sembilan ton emas menempel pada Pagoda setinggi 98 meter ini. Terdapat 4 barang peninggalan serta 8 helai rambut dari Buddha yang masih tersimpan.

7. Biara Sarang Macan, Bhutan

Biara ini berada di tengah tebing lembah Paro. Terkenal karena tempat meditasi Guru Rinpoche, yang disebut juga Buddha Kedua setelah Sidharta Gautama.

8. Candi Borobudur, Indonesia

Arsitekturnya dibuat seperti bunga lotus yang menjadi simbol agama Buddha. Terdapat 504 patung Budhha beserta cerita kuno di dinding Borobudur.

9. Kuil Surga, China

Dibangun pada Dynasty Ming, sekitar 5 abad lalu di atas lahan seluas 2,7 juta meter persegi. Kuil ini dipakai untuk menyembah langit.

10. Jetavanaramaya, Sri Lanka

Stupa raksasa ini bagian dari kota suci kuno Anuradhapura. Dibangun ketika Sekte Theravada dan Mahayana agama Buddha saling bersitegang. [][teks @HaabibOnta/therichest.com | foto therichest.com]