Air Terjun Dua Warna di Sibolangit
Travel

Air Terjun Dua Warna di Sibolangit

by Pandu
Fri, 08-Jan-2016

Kalau lagi jalan-jalan ke Sibolangit, Sumatera Utara, kamu harus mampir ke areal wisata ini: Air Terjun Dua Warna! Penduduk setempat menyebutnya Air Terjun Telaga Bitu. Air terjun ini jadi objek wisata wajib karena punya keunikan, dua warna yang berbeda antara pangkal dan ujungnya.

Jadi ketika jatuh dari ketinggian 75 meter, air terjun ini berwarna seputih kapas. Tapi saat sampai bawah, air itu membentuk telaga kecil berwarna biru seperti air laut. Saat mengalir ke bawah pun tetap biru warnanya.

Sampai detik ini belum diketahui penyebab perubahan warna tersebut. Bisa jadi karena pengaruh kandungan fosfor dan belerang di telaga itu. Maka itu pengelolanya melarang pengunjung meminum air terjun.

Kalau dari Medan, air terjun ini berjarak sekitar 80 km. Perlu waktu 2 sampai 3 jam untuk mencapainya dengan mobil atau motor. Lalu mengarahlah ke Bumi Perkemahan Sibolangit. Dari pintu masuk, pengunjung harus menelusuri jalan setapak sampai ke air terjun selama 2-3 jam.

Jadi kamu butuh stamina dan kondisi fisik yang prima kalau pengen sampai ke objek wisata ini. Meski begitu, air terjun ini berharga untuk ditengok kok. Sehabis teduhnya hutan tropis yang rindang, air terjun yang indah menanti kita! [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto pegipegi]