10 Tempat Terbaik Melihat Sunset & Sunrise
Travel

10 Tempat Terbaik Melihat Sunset & Sunrise

by Yogira
Sat, 09-Jan-2016

Panorama sunrise [matahari terbit] maupun sunset [matahari terbenam] selalu jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tentu saja yang melihatnya harus tepat waktu melihat momentumnya.

Menikmati sunrise dan sunset nggak cuma harus dari pantai. Ada beberapa tempat lain, yang tak kalah bagusnya, baik itu di pegunungan, maupun gurun.

Nah, berikut ini adalah 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunset dan sunrise. Siapa tau, kamu nanti bisa mengunjunginya.  

#1 Angkor Wat, Siem Reap [Kamboja]

foto edwebproject.org

Di lokasi ini, setiap hari matahari senantiasa terlihat terang-benderang, baik saat terbit maupun tenggelam. Dengan latar pemandangan hamparan candi, panorama sunrise dan sunset pun jadi kian menakjubkan.

#2 Gunung Sinai [Mesir]

foto tourplaneisrael.com

Inilah lokasi bersejarah ketika Nabi Musa menerima 10 Perintah Tuhan. Para pelancong datang ke sini biasanya menjelang sunrise atau sunset. Perlu perjuangan untuk mencapai puncak gunungnya.

#3 Grand Canyon, Arizona [Amerika Serikat]

foto grandcanyongrandhotel.com

Pemandangan matahari terbit di sini sangat tersohor seantero dunia. Warna sinarnya yang agak keunguan perlahan jadi berwarna perunggu. Momen yang mengagumkan!

#4 Taman Nasional Haleakala Maui, Hawaii, [Amerika Serikat]

foto dotsonscreen.com

Perjalanan dengan bis ke sini lumayan melelahkan. Namun pas sudah sampai di lokasi, rasa cape akan  terbayar dengan keindahan sunrise tiada tara, dengan latar gunung berapi berselimut hamparan awan.

#5 Gunung Kilimanjaro [Tanzania]

foto macinivnw.deviantart.com

Semua pendaki gunung pasti selalu ingin ke sini. Meski pendakiannya berat, wisatawan yang ingin melihat pemandangan sunrise, niscaya akan bilang, “luaarr biasaaa!”

#6 Kepulauan Fiji

foto fiji4sight.org

Nun jauh di Pasific Selatan, banyak sekumpulan pulau yang indah. Fiji salah satunya. Sunset dan sunrise di sini sungguh mempesona dan takkan terlupa sepanjang masa.

#7 Stonehenge [Inggris]

foto earthnworld.com

Lembayung senja kala fajar  tenggelam di Garis Khatulistiwa bisa dilihat saat musim semi di sini. Artefak bebatuan berusia 2000 tahun menyempurnakan keindahan sunset yang dramatis.

#8 Pulau Millenium [Republik Kiribati]

foto teara.govt.nz

Meski lokasinya jauh di Samudera Pasific, pulau ini populer tidak hanya keindahan alamnya, tetapi juga terbitnya matahari yang terlihat menakjubkan.

#9 Tulum [Meksiko]

foto songoftheroad.com

Sunrise maupun sunset di Tulum bikin orang yang melihatnya kagum. Apalagi momentumnya berhiaskan hamparan ladang hijau yang memukau.

#10 Tres Cruces [Peru]