Tips Travelling Ringkas & Nggak Repot
Travel

Tips Travelling Ringkas & Nggak Repot

by Pandu
Sun, 24-Jan-2016

Paling asyik itu kalau kita bisa jalan-jalan dengan simpel. Nggak ribet. Nggak repot. Nggak sulit. Soalnya, esensi jalan-jalan ketika liburan ya untuk menyegarkan otak sekaligus nambah ilmu tentang dunia. Tapi kalau harus riweuh? Hmm.. nggak deh!

Cara gampang jalan-jalan tanpa ribet dengan ikutan paket wisata. Semua sudah diatur oleh agen travel. Dengan konsekuensi, ada jadwal, syarat dan harga yang harus dipatuhi. Untuk petualang sejati, hal itu terdengar membosankan!

Kami punya tips untuk kalian yang ingin melancong dengan simpel tanpa perlu ikutan paket jalan-jalan.

1. Packing yang Ringkas

Kalau kamu mau benar-benar menjelajah hutan, ya bawa perlengkapan yang banyak. Tapi kalau mau jalan-jalan ke Bali atau Batam, hmm kenapa bawa baju segambreng? Di sana juga ada yang jual. Bawa tas ransel yang ringkas, isinya baju, celana, kamera, celana dalam, kaca mata, dan topi. Simpel kan?

2. Jangan Ngaret

Libur nggak mungkin selamanya, kecuali kamu itu pengangguran. Jadi, biar pas jalan-jalan nggak cuma datang ke sedikit tempat, estimasikan waktu dengan baik antara satu lokasi ke lokasi lain. Syaratnya jangan jam ngaret, ngatur ini-itu serba lama.

3. Bertanyalah

Kalau bingung arah, tanya polisi. Kalau bingung tentang menu makanannya, tanya pelayan. Kalau bingung ingin ke mana, tanya Google. Ingat, malu bertanya sesat di perantauan.

4. Awas Khilaf!

Ingat, berapa budget yang direncanakan dari awal. Follow the rules, kalau kamu nggak mau kebobolan. Bisa besar pasak daripada tiang nantinya.

5. Bawa Uang Kas

Kalau bergantung sama kartu ATM atau kartu kredit, bisa jadi kesulitan karena nggak di setiap tempat ada. Lebih baik bawa uang kas seperlunya jadi sudah ditentukan juga budget perjalanannya. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto huffingtonpost]