Garut  Ramah untuk Liburan
Travel

Garut Ramah untuk Liburan

by Pandu
Mon, 18-Jan-2016

Garut bisa jadi destinasi liburan dekat selain Bandung dari Jabodetabek. Memang Garut belum sebesar Bandung dan sekitarnya yang banyak pilihan kuliner atau factory outlet. Tapi Garut punya keunggulan lain: jarang macet! 

Destinasi wisata utama Garut adalah  sektor pemandangan alam, yang masih banyak belum tereksploitasi. Daerahnya masih rapi dan sejuk. Kalau Garut jadi destinasi liburan, kamu harus pergi ke sini!

1. Gunung Papandayan

Buat pendaki Jabodetabek, Gunung Papandayan adalah destinasi wajib. Apalagi buat pemula, gunung ini cukup bersahabat karena treknya yang mudah. Cocok untuk pengalaman pertama.

2. Talaga Bodas

Perlu waktu 1 sampai 2 jam untuk sampai ke “Danau Putih” ini. Lanskapnya terasa mirip dengan Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Yang berbeda, Talaga Bodas tidak terlalu ramai. Jadi asyik kalau ingin bersunyi dengan alam.

3. Kawah Kamojang

Di sini pengunjung bisa mandi air panas sambil menikmati pemandangan. Selain itu untuk yang ingin mengobati penyakit kulit, disarankan berendam di sini. Uap panasnya bisa merontokkan penyakit itu.

4. Gunung Cikuray

Berbeda dengan jalur pendakian Papandayan yang enteng, Cikuray jauh lebih ekstrem. Meski cuma setinggi 2.821 mdpl, treknya edan. Sekali menanjak, dengkul kamu bahkan bisa menyentuh dagu atau kening saking terjalnya.

5. Curug Sanghyang Taraje

Penduduk setempat percaya bahwa curug inilah yang menjadi lokasi tempat Dayang Sumbi mandi. Lalu Sangkuriang datang mencuri kainnya. Selebihnya, baca legenda Sangkuriang dan datanglah ke sini.

6. Kebun Teh Dayeuh Manggung

Seperti kebun teh pada umumnya, sepanjang mata memandang ada karpet hijau membentang. Di sini asyik untuk berfoto atau minum kopi sambil bercanda tentang “pucuk! pucuk! pucuk!” [][teks & foto @HaabibOnta]