Saudara Kandung Bunga Edelweiss
Travel

Saudara Kandung Bunga Edelweiss

by Pandu
Wed, 17-Feb-2016

Bagi penggiat alam bebas, bisa menemui bunga edelweiss adalah kebahagiaan. Mengapa? karena berarti puncak gunung sudah dekat. Bunga ini termasuk tumbuhan endemik yang hanya bisa tumbuh di zona alpina/montana, di ketinggian di atas 2000 mdpl.

Bunga Edelweiss Jawa alias Javanese edelweiss punya 'saudara' jauh di Pegunungan Alpen, yang disebut juga Edelweiss [Leontopodium alpinum]. Edelweiss Alpen biasa dipetik sebagai obat tradisional untuk mengobati sakit perut. Sementara Edelweiss Jawa cuma dipetik untuk kenang-kenangan. Apa gunanya?

Di alun-alun Surya Kencana, Gunung Gede, tumbuhan ini sudah berkurang drastis. Bahkan, pengamat flora menyebutkan, Edelweiss Jawa termasuk tumbuhan langka. Sayangnya, hal ini belum dipahami banyak orang. Ada saja yang memetik dengan berbagai cara diumpetin agar tidak ketahuan saat inspeksi.

Keren mana, dipetik untuk kenang-kenangan atau dipersembahkan untuk pacar? Kalau kangen ya balik lagi, ajak pacar sekalian biar tahu indahnya bunga edelweiss. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto @HaabibOnta]