5 Destinasi Wajib di Kalimantan
Travel

5 Destinasi Wajib di Kalimantan

by Pandu
Tue, 16-Feb-2016

Nggak cuma Bali dan Jawa lho yang punya destinasi asyik dan unik di Indonesia. Kalimantan tak kalah eksotis kok. Meski selalu diterjang kabar negatif soal rusaknya hutan sebagai paru-paru dunia, kamu yang suka berpetualang, jangan sampai deh jadi urung menjejaki  Borneo. Nggak percaya?

Inilah 5  destinasi wisata yang harus dijajal di tiap provinsi di Kalimantan. Sikat!

#1. Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah

Buat pendaki gunung,  area ini pantas dijajal. Bukan karena cuma ketinggiannya, tapi ini satu-satunya gunung di Kalimantan, yang wajib kamu daki kalau  ingin menuntaskan ekspedisi "Seven Summit Indonesia".

#2. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Meski popularitasnya baru tersohor sejak 2010, pulau ini sudah jadi destinasi wajib para pelancong lokal dan internasional. Di sini semua orang bisa berenang dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat.

#3. Pasar Terapung, Kalimantan Selatan

Pasar ini jadi ikon untuk Kalimantan dalam waktu lama. Banyak orang dari penjuru Kalimantan datang untuk menjajakan hasil buminya di pasar ini. Jadi, kalau mau tau kearifan lokal, mampir ke sini ya.

#4. Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Danau ini cuma bisa dilihat ketika musim hujan. Maklum, saat musim panas airnya akan surut dan menyisakan kubangan. Danau ini berperan vital untuk kehidupan masyarakat, flora, dan fauna.

#5. Penangkaran Buaya Juwata, Kalimantan Utara

Anggap saja ini seperti peternakan. Jika umur buaya di sini sudah pas, mereka akan disembelih untuk diambil kulitnya. Dijadikan produk fashion, sementara dagingnya buat ramuan obat. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto wikipedia]