Bushcraft Cara Bertahan Hidup ala Purba
Travel

Bushcraft Cara Bertahan Hidup ala Purba

by Pandu
Wed, 15-Apr-2015

Pernah dengar istilah 'Bushcraft'? Apa? Belum? Nah, kalau 'survival'? Pasti pernah dong. Simpelnya, Bushcraft itu salah satu jenis survival [bertahan hidup] di alam liar. Bisa dibilang, Buschcraft adalah cara bertahan paling tua di bumi ini.

Cuma dengan alat sederhana, semisal pisau lipat dan kapak, seseorang ditempa agar bisa bertahan hidup di alam bebas. Orang semacam 'gini biasanya bisa berburu makanan berdasar kondisi alam, menyalakan api dari daun kering dan bebatuan, bahkan bisa membuat hunian dari tanah atau batang pohon.

Tradisi memasak Bakar Batu yang dilakoni Suku Papua pun termasuk dalam Bushcraft. Begitu juga lemang khas suku Melayu, yang memasak pakai bilah bambu, itu pun bagian dari keahlian ini.

Jadi Bushcraft itu mengajarkan keahlian bertahan hidup yang paling mendasar  serta bisa diimplementasikan di mana-mana. Ini adalah pengetahuan sejak jaman purba yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Selain itu, Bushcraft juga mengajarkan agar manusia memanfaatkan hal-hal di sekitarnya, termasuk  menyembuhkan luka. Caranya, pegiat Bushcraft biasanya memakai getah daun pisang atau lendir bekicot ketimbang obat kimia.

Jika kamu suka kegiatan luar ruang [outdoor activity], wajib deh belajar Bushcraft. [][teks @HaabibOnta | foto kaiconfusion]