Kerja ala Digital Nomad? Pertimbangkan Dulu Hal Ini!
Travel

Kerja ala Digital Nomad? Pertimbangkan Dulu Hal Ini!

by Pohan
Fri, 26-Aug-2016

Kamu tau nggak apa itu digital nomad? Artinya adalah petualang digital. Orang sebagai digital nomad bisa bekerja di mana saja tanpa harus ngantor. Dia bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mengurusi pekerjaannya, di manapun ia berada.

Jika kamu tertarik menjadi digital nomad, pertimbangkan hal-hal di bawah ini:

1. Biaya hidup

Bikin perincian biaya, dari mulai sewa tempat tinggal, makan, dan transportasi. Jangan banding-bandingkan dengan kota asalmu karena pasti berbeda.

2. Kecepatan dan ketersediaan internet

Tidak semua tempat menyediakan internet gratis di ruang publik. Belum lagi masalah jaringan yang lemot. Pertimbangkan juga hal ini.

3. Dekat dengan lingkungan para digital nomad atau masyarakat yang menginspirasi

Kalau pekerjaanmu di dunia kreatif, lingkungan yang tepat bisa membuahkan kolaborasi. Kamu bisa berbagi pengetahuan dengan perantau lainnya.

4. Dekat dengan negara lain yang mudah dijangkau perjalanan dan berbiaya murah

Mungkin memenuhi pekerjaanmu tidak melulu di satu tempat saja. Pastikan negara tujuan memudahkan kamu untuk berpindah ke tempat lainnya.

5. Lingkungan dan cuaca yang baik

Bayangkan jika setiap hari kamu harus menaklukkan hujan. Pasti repot ke mana-mana. Lokasi hijau, cerah, dan masih alami bisa menjadi pilihan.

6. Keamanan

Seorang digital nomad membawa peralatan mahal [laptop, kamera, smartphone]. Kamu harus berhati-hati dan pastikan tempat tujuan aman.

7. Visa mudah

Mengingat kamu tidak bekerja di perusahaan lokal setempat, pastikan mengurus visa untuk menempat sementara itu tidak sulit.

Commuters bisa mengunjungi website nomadlist.com untuk mendapatkan informasi lengkap seputar digital nomad. [][teks @pohanpow/gooverseas.com | foto dok.
inc.com, blog.citrixonline.com]