10 Festival Tahunan Terkeren di Indonesia
Travel

10 Festival Tahunan Terkeren di Indonesia

by Pandu
Mon, 20-Mar-2017

Oke, setiap tahun, 33 provinsi di Indonesia bikin sebuah festival untuk mendorong sektor pariwisatanya, baik dari sisi turis maupun internasional. Tapi nggak mungkin juga kan hadir di 33 festival itu. Soalnya ada beberapa yang bentrok.

Misalnya aja, Festival Lembah Baliem dan Dieng Culture Festival, tanggal pelaksanaannya sama. Jadi biar Commuters nggak repot milih mau pergi ke mana, kami pilihin nih 10 destinasi festival tahun 2017 yang musti dilirik.

Dari Sabang sampai Merauke. Kita cabut yok!

1. Pasola: Festival Perang Lembing

17-20 Maret, Sumbawa

Ini adalah ikon budaya Sumba. Sebuah tradisi leluhur yang masih dijaga hingga sekarang. Para ksatria melempar lembing dari atas punggung kuda yang berlari cepat.

2. Tambora Menyapa Dunia

12-16 April, Dompu

Setiap tahun festival ini selalu digelar untuk memperingati letusan dahsyat Gunung Tambora 200 tahun lalu, yang sampai menciptakan tsunami serta danau air asin.

3. Festival Budaya Isen Mulang

18-24 Mei, Kalimantan Tengah

Isen Mulang artinya "pantang mundur". Sebanyak 14 Kabupaten merayakan waktu panen sekaligus HUT provinsi. Biasanya diisi oleh beragam lomba budaya.

4. Pesta Kesenian Ulun Danu

10 Juni – 8 Juli, Bali

Tema tahun ini “Melestarikan Air Sumber Kehidupan”. Akan ada 1200 seniman yang turun untuk memeriahkan pesta ini. Jadi jangan sampai kelewatan.

5. Upacara Yadnya Kasada

9-10 Juli, Bromo Tengger

Ini adalah ritual besar bagi Suku Tengger. Mereka akan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo untuk Sang Hyang Widhi. Kalau bisa, jangan sibuk motret supaya khidmat.

6. Dieng Culture Festival

5-7 Agustus, Dieng

Yang ini harus pesan losmen dari jauh-jauh hari karena pasti ramai banget oleh turis yang mau lihat lampion dan pemotongan bocah rambut gimbal. Plus ada acara Jazz Gunung juga. Mantap 'kali!

7. Pesta Budaya Tabuik

20 Sep – 1 Okt, Pariaman

Tabuik adalah perwujudan Buraq yang membawa peti jenazah di punggungnya. Tinggi Tabuik sekitar 15 m. Festival ini juga untuk menyambut bulan Muharam.

8. Festival Pesona Raja Ampat

5-15 Oktober, Raja Ampat

Festival bahari paling diincar oleh turis lokal dan internasional. Di festival ini pengunjung bisa menikmati makanan khas Papua secara gratis. sekali lagi, gra-tis.

9. Jogja International Heritage Walk 2017

18-19 November, Prambanan & Imogiri

Olahraga dikit bolehlah. Wisatawan bakal diajak jalan kaki sekaligus berkegiatan sadar lingkungan di sekitar komplek Candi Prambanan dan Imogiri.

10. Lovely December Toraja

26-30 Desember, Toraja

Buat pecinta kopi, ini destinasi wajib. Di sana akan ada pagelaran kopi internasional. Jadi yang doyan ngopi-ngopi wajib mampir. [][teks @haabib_onta | foto i.ytimg.com]