Landasan Pacu Melingkar
Travel

Landasan Pacu Melingkar

by Intern
Mon, 03-Apr-2017

Henk Hesselink membutuhkan waktu bertahun-tahun meneliti permasalahan ini. Ahli penerbangan dari Netherland Aerospace Centre itu memperkenalkan Circular Runaways [Landasan Pacu Melingkar]. 

Selain memperbaiki laju lalu lintas, landasan ini dibuat dengan tujuan menjaga lingkungan dan mengurangi kebisingan saat lepas landas maupun mendarat.  Agar pesawat tidak mengalami crosswind, Landasan Pacu Melingkar memiliki 3 metode pendaratan berbeda yang disesuaikan dengan kondisi angin. 

1. Dalam keadaan angin kencang pesawat akan terbang ke titik touchdown untuk menghalau angin yang berlawanan dengan pesawat.

2. Pada kondisi angin pelan pesawat melakukan pendaratan pendek untuk mengurangi terjadinya turbulensi yang disebabkan oleh aliran udara dalam skala kecil.

3. Saat angin mengalami perubahan yang tidak teratur, pesawat mendarat dengan cara bertahap melakukan pergerakan mengikuti arah angin.

Metode ini pernah diuji oleh Henk pada tahun 1960. Kita tunggu aja negara mana yang bakal mewujudkannya duluan. [][teks @andiskaraf/indianexpress.com, metro.co.uk | foto dailymail.co.uk]