Dari Kali Adem ke Kepulauan Seribu
Travel

Dari Kali Adem ke Kepulauan Seribu

by Pandu
Wed, 17-May-2017

Kepulauan Seribu telah jadi destinasi pariwisata unggulan DKI Jakarta, yang kini terus berkembang. Karena itulah Pemda DKI memindahkan lokasi penyeberangan, semula dari Muara Angke ke Pelabuhan Kali Adem.

Secara lokasi sih, Kali Adem memang lebih baik dan tertata. Tapi kapalnya tetap aja yang tradisional. So, dari segi kualitas fasilitasnya masih kurang nyaman.

Itu bukan berarti jadi malas nyeberang ke Pulau Seribu ya. Masih ada trik supaya perjalanan selama tiga jam dari Kaliadem tetap menyenangkan kok.

Commuters tinggal siapin enam barang berikut ini aja. Dijamin perjalanan kalian akan berlalu tanpa terasa. Tiba-tiba sampai deh.

1. Obat nyamuk

Terutama untuk yang menginap di pelabuhan, pasti butuh. Maklum, nyamuknya nggak santai banget. Kita sudah  pake kaos kaki pun, mereka masih bisa gigit. Kacau deh.

2. Payung

Belum tentu kedapetan duduk di dalam kapal. Kalau apes, kita harus duduk di buritan tengah hari bolong. Panasnya minta ampun dah!. Jadi, mendingan bawa payung deh. Toh, lagi hujan atau panas tetap bisa dipakai kok.

3. Kipas

Ya ini sesuatu yang jadul. Tapi saat berada di kapal tradisional yang pengap dan panas, barulah sadar bahwa kipas jauh lebih penting daripada batere handphone yang penuh.

4. Obat Anti Mabuk

Bau bakaran solar adalah hal yang lumrah karena mesinnya yang dekat bangku penumpang. Nah, ini yang seringkali bikin mual. So, siapin obatnya yaa, biar gak muntah di perjalanan. Lumayan lho 3 jam dalam kapal.

5. Cemilan

Ketika sinyal mulai hilang, ngantuk nggak datang dan lapar justru menyerang, Nyemil aja daripada nggak ada kerjaan. Tawarin sebelah biar bisa sekalian kenalan. Siapa tahu jodoh kan..

6. Minyak Wangi

Namanya juga transportasi kelas ekonomi, kadang suka ada bau-bau tak sedap seliweran. Biar tetap kalem, siapin minyak wangi semprotin ke masker atau handuk, tutupin deh hidung. Aman kan. [][teks @haabib_onta | foto dok. pribadi]