Kalau ke Solo, Pergi ke Mana Ya?
Travel

Kalau ke Solo, Pergi ke Mana Ya?

by Pandu
Sun, 21-May-2017

Sebagai salah satu kota besar di Jawa Tengah, Solo adalah destinasi wisata selain Semarang dan Tegal. Lebih sering jadi wisata belanja karena kota ini terkenal dengan pusat batik.

Lebih dari itu, kota ini menyimpan sejarah pergerakan bangsa ini, sejak era kerajaan hingga masa kemerdekaan. Sekarang ada istilah Solo Lama dan Solo Baru. Kami mengajak kalian menjalani Solo Lama yang romantis dan klasik juga.

Yuk sambil naik becak menyusurinya, pasti bahagia..

1. Kampung Batik

Ada dua kampung produksi batik di Solo dengan corak yang berbeda. Terletak di Kauman dan Laweyan. Jangan lupa bawa dompet untuk belanja oleh-oleh yaa.

2. Istana Mangkunegara

Bangunan ini adalah saksi runtuhnya Kerajaan Mataram oleh politik pecah belah yang dilancarkan VOC. Bila ke sini, sadarilah bahwa persatuan itu harga mati supaya tidak dibongkar untuk kedua kali sebagai bangsa.

3. Keraton Solo

Asyiknya ke sini itu pas Sekaten saat Maulid Nabi atau Arak Kebo pada Malam Satu Suro. Soalnya momen ini bakal ramai, juga ada ritual sakral yang seru buat ditonton. Segera cek agenda kalian yaa.

4. Taman Sriwedari

Dulunya sih cuma keluarga raja yang boleh main ke sini. Tapi sekarang tidak lagi. Jangan lewatkan pertunjukan wayang orang jika main ke sini. Seru banget!!

5. Pasar Klewer

Ini adalah pusat tekstil di Jawa Tengah. Kalau pun tidak punya duit untuk belanja. Sekadar cek tempat dan foto bisalah atas nama eksistensi di dunia maya.

6. Benteng Vastenburg

Sempat terbengkalai lama, benteng ini mulai direstorasi ulang tahun 2014 untuk dijadikan taman sejarah kota Solo.

7. Susur Bengawan Solo

Wisata ini dimulai dari Taman Ronggowarsito ke Desa Ngepung, sekitar 2 km. Untuk satu perahu kapasitas 4-6 orang, dikenai biaya 100 ribu rupiah. [][teks @haabib_onta | foto peta.kota]