Kampung Pelangi Mendunia Lewat Instagram
Travel

Kampung Pelangi Mendunia Lewat Instagram

by Pandu
Fri, 26-May-2017

Kenapa harus ribet berburu pelangi usai hujan? Ketika bisa melihatnya dalam kondisi malam sekalipun. Caranya tinggal berangkat ke Semarang, boleh sekarang, boleh nanti pas waktu mudik. Karena pelangi itu masih akan bertahan dalam waktu lumayan lama.

Jadi di selatan Kota Semarang berdirilah Kampung Pelangi. Sebuah kampung kumuh yang telah disulap jadi cantik berkat mural warna-warni. Total ada 232 rumah yang dipoles jadi karya seni di desa itu.

Ide ini muncul dari Slamet Widodo, warga asli Kampung Pelangi yang berinisiatif membuat tempat lahirnya jadi lebih hidup. Sebab sebelumnya, kampung ini termasuk kumuh serta berada di pinggir kali.Tapi setelah dipoles, bahkan Vogue menyebut Kampung Pelangi "Instagram-worthy".

Proyek sulap Kampung Pelangi menghabiskan dana Rp300 juta. Beberapa spot diberi motif serta ornamen khusus. Jadi menarik untuk latar belakang foto. Selain itu, kebersihan kampung ini juga diacungi jempol. Karena tidak ada sampah yang berserakan sekalipun itu di sungai.

Konsep kampung berwarna ini sebelumnya telah dijalankan oleh Kampung Jodipan di Malang dan Kampung Code di Yogyakarta. Sekarang Indonesia, khususnya Pulau Jawa tengah disorot untuk sektor pariwisata. Berkat tumbuhnya desa-desa wisata. Semoga ini mendorong desa lain untuk membangun wilayahnya. Seperti yang dilakukan Kampung Pelangi. [][teks @haabib_onta | foto halallifestyle.id]