Kemping Gantung di Dinding Tebing
Travel

Kemping Gantung di Dinding Tebing

by Yogira
Sun, 25-Jun-2017

Hanya orang bernyali tinggi mau kemping dan tidur dengan menempel di dinding tebing curam. Biasanya sih orang kayak ini pencinta alam sekaligus rock climber. Bagi mereka, kemping seperti ini disebut hanging camp. Tujuannya sih ya untuk menjaga stamina tubuh dengan tidur ketika dalam masa pendakian tebing berjam-jam, dengan ketinggian biasanya di atas 300 meter dan kemiringan tebing sekitar 80-85 derajat.

Bagi rock climber pemula, hanging camp seperti uji nyali. Tapi bagi yang berpengalaman mendaki tebing, hanging camp jadi cara menantang sekaligus mengasyikan. Bahkan mereka bisa menikmati alam sekitar dari sudut yang berbeda.

Nah kamu, yang ingin tahu dan mungkin ingin mencoba hanging camp, perhatikan hal-hal berikut:  

1. Peralatan & perlengkapan utama - misalnya: tali karmantel, harnest, carabiner, webbing, helm, prusik, chalk bag, grigri, dll.  

2. Peralatan dan perlengkapan tambahan - sleeping bag, selimut, pakaian ganti, ponco/fly sheet, tempat air minum, peralatan masak, dll.

3. Eksekusi teknik hanging camp - jangan manjat pada musim hujan, pilih teras kering, rata, dan aman untuk hanging camp.

4. Safety Procedure untuk hanging camp - jangan sekali-kali melepaskan helm, harness, dan alat pengaman dari tebing.

5. Etika tambahan umum - jangan tinggalkan sampah di tebing, minimalkan pemakaian pengaman hanger dan piton.

Selamat bergelantungan. [][teks @yogirudiat/Astacala, berbagai sumber | foto riparide.com, Rise & Summit]