6 Pulau Eksotis di Kawasan Banten
Travel

6 Pulau Eksotis di Kawasan Banten

by Pandu
Tue, 04-Jul-2017

Kalau ditanya mau pergi ke Derawan, Karimunjawa, atau Raja Ampat, pasti jawabnya mau. Tapi kalau harus bayar? Belum tentu. Sudah bukan rahasia lagi, kalau dana pergi ke sana itu besar. Setidaknya untuk transportasi pulang pergi.

Ada pulau yang lebih hemat dan dekat untuk dijangkau, tidak jauh dari Jakarta. Tinggal menuju arah Cilegon, Banten. Lalu menyeberang dari sana. Tidak cuma eksotis, pulau-pulau ini juga masuk wilayah konservasi. Jadi yuk kita kemon.

1. Pulau Umang

Masih termasuk Taman Nasional Ujung Kulon [TNUK]. Pantainya bersih, terumbu karang pun terjaga. Jadi kalau bosan berjemur, langsung aja snorkeling.

2. Pulau Peucang

Lansekap lautnya juara ditambah safari rusa dan kerbau liar yang berkeliaran. Beuh, pecah! Tenang mereka semua jinak kok. Di sini juga ada penginapan.

3. Pulau Panaitan

Letaknya sebelah Peucang persis. Pantai pulau ini punya ombak jadi bisa surfing. Hutan pun masih asri ditambah jejak peninggalan kerajaan Hindu. Mantap.

4. Pulau Handeuleum

Lebih besar dibandingkan pulau lain di gugus TNUK. Lebih cocok untuk safari trekking, karena terumbu karang yang tajam di bibir pantai.

5. Pulau Tunda

Hal paling epik di pulau Tunda adalah sunset dan sunrise-nya yang keemasan. Dan kalau musim tertentu ada lumba-lumba yang melintas.

6. Pulau Dua

Disebut juga Pulau Burung, karena saat Maret - Agustus banyak burung yang bermigrasi ke Pulau Dua. Kawasannya termasuk Cagar Alam lho. [][teks & foto @haabib_onta]