Museum Kemiliteran di Jakarta
Travel

Museum Kemiliteran di Jakarta

by Intern 2
Tue, 15-Aug-2017

Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Nggak mudah meraihnya. Perlu kerja keras dan pertumpahan darah para pahlawan kita, terutama tentara yang berjuang. Ngomong-ngomong soal tentara, ada museum tentara atau militer di  Jakarta. Berikut beberapa museum tentara yang wajib kamu kunjungi.

1. Museum Satria Mandala

Museum ini awalnya rumah salah satu istri Ir. Soekarno, Ratna Sari Dewi Soekarno. Lokasinya di Jl. Gatot Subroto No. 14, Jakarta Selatan. Peninggalan Tentara Angkatan Darat, Udara, dan Laut disimpan di sini.

2. Museum Jenderal Besar Abdul Haris Nasution

Berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 40, Jakarta Pusat. Dulu, museum ini tempat tinggal Jenderal Besar AH. Nasution, hingga tahun 2000. Museum ini juga disebut Sasmitaloka, yang artinya tempat mengenang peristiwa besar. Gedungnya menyimpan pakaian dinas militer, senjata, ruang diorama, dan mobil dinas yang biasa dipakai Jenderal Nasution.

3. Museum Jenderal Ahmad Yani

Museum ini juga salah satu Sasmitaloka. Rumah dinas milik Jenderal Ahmad Yani ini berisi seluruh koleksi pribadi peninggalan sang Pahlawan Revolusi. Koleksi museum ini antara lain: buku, pakaian saat peristiwa G30S/PKI, lantai berdarah, maupun kaca jendela yang tertembus peluru Pasukan Tjakrabirawa masih terlihat di rumah ini.

4. Monumen Pancasila Sakti

Monumen ini berdiri di atas lahan seluas 14,6 hektare, dengan tujuan untuk mengenang para Pahlawan Revolusi yang gugur pada 1 Oktober 1965 dini hari, yang berjuang mempertahankan Ideologi Pancasila dari ancaman Ideologi Komunis. Monumen ini berisikan bermacam-macam, seperti: rumah penyiksaan, sumur tua untuk membuang jasad para Jenderal, pakaian yang dipakai korban, diorama, dan sebagainya.

5. Museum Keprajuritan Indonesia

Museum ini terletak di Taman Mini Indonesia Indah. Gedungnya berbentuk segi lima yang dikelilingi perairan, yang menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, dengan doktrinnya yaitu Wawasan Nusantara. Museum ini berisi diorama, fragmen patung, dan relief di beberapa dindingnya. [][teks @apra_manuela | foto travee.co/wikimedia.org]