Patung dan Monumen Ikonik DKI
Travel

Patung dan Monumen Ikonik DKI

by Andiska
Tue, 03-Oct-2017

Didominasi gedung-gedung pencakar langit dan rumah padat penduduk. Patung dan monumen bersejarah juga tersebar di penjuru DKI Jakarta lho.. Coba sesekali kamu keliling ibukota. Kalau diperhatikan, beberapa di antaranya pasti sudah pernah kamu lihat. Simak yuk, Commuters!

1. Monumen Selamat Datang

Letaknya di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Sepasang patung membawa bunga di atasnya adalah simbol untuk menyambut tamu kenegaraan yang pada masa itu adalah para atlet Sea Games VI [1962] . 

2. Tugu Tani

Patung pemberian Uni Soviet ini sebenarnya bernama Patung Pahlawan. Lokasinya berada di Bundaran Menteng, Jakarta Pusat.

3. Patung Pemuda Membangun

Terletak di kawasan Bundaran Senayan, patung ini dibuat untuk mendorong semangat membangun pemuda Indonesia.

4. Patung Jendral Sudirman

Patung ini mewakili sosok Jendral Sudirman yang kuat. Berdiri tegak di Jl. Sudirman, Jakarta.

5. Patung Kuda Arjuna Wijaya

Nyoman Nuarta membuat patung Arjuna dan Batara Kresna yang bertempur dengan 8 kuda. Letaknya di Jl. Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

6. Monumen Nasional

Ikonnya DKI Jakarta dibangun untuk melambangkan kota Jakarta yang telah merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda. Bangunan seperto menara dengan puncak berbentuk api berlapis emas ini digagas Ir. Soekarno dengan 2 arsitek Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono. 

7. Tugu Proklamasi

Dikenal dengan sebutan Tugu Petir yang dibuat untuk peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tugu ini terletak di Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat.

8. Monumen Pembebasan Irian Barat

Terletak di tengah-tengah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Patung ini dibuat untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia membebaskan Irian Barat tahun 1962.

9. Patung Husni Tamrin

Patung ini berdiri di tengah kota, terletak di Jl. Raya Medan Merdeka Selatan [Jl. Raya Mohammad Husni Thamrin], Jakarta Pusat.

10. Patung Perjuangan Jatinegara

Dibangun untuk mengenang peristiwa perjuangan rakyat di Jakarta Timur, letaknya di Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur.

11. Patung Pangeran Diponegoro

Berdiri di antara gedung BAPPENAS dan Taman Suropati, patung ini terletak di Jl. Imam Bonjol No.1, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

12. Patung Dirgantara