}
7 Kesalahan Saat Jalan-jalan
Travel

7 Kesalahan Saat Jalan-jalan

by Andiska
Fri, 22-Dec-2017

Melakukan perjalanan liburan tenyata tidak sebahagia yang kamu suka liat di media sosial selebgram yang kerjaannya jalan-jalan tiap minggu. Butuh rencana yang matang dan kebijaksanaan dalam menentukan pilihan. Kalau gegabah, kamu bisa terjebak dalam kesalahan-kesalahan berikut ini,

1. Mengorbankan Waktu Demi Uang.

Kamu lebih fokus untuk menjaga uangmu dengan memilih transportasi yang lebih murah. Padahal yang pilihan lain yang lebih cepat dan harganya hanya beda tipis.

2. Pergi dengan Informasi Usang.

Dengan pengetahuan seadanya kamu merasa sudah tau segalanya dan enggan membeli buku panduan. Jangan gengsi deh, nggak rugi kok kalo kamu jadi tau referensi tempat wisata dan penginapan yang cihuy.

3. Salah Kostum.

Mentang-mentang mau bikin vlog, kamu pakai pakaian terbaikmu. Coba pertimbangkan baju yang pantas dan nyaman dipakai. Toh, tampil apa adanya lebih baik daripada ribet di jalan.

4. Cepat Puas.

Setelah dapat foto yang instagramable, kamu langsung pulang tanpa menelusuri tempat wisata secara keseluruhan. Itu salah besar! Kamu bisa ketinggalan hal-hal indah lainnya.

5. Plin-plan.

Kamu merusak jadwalmu sendiri karena tergiur dengan wisata-wisata baru yang kelihatannya lebih asik. Kalau malas cari info terbaru, jangan sok-sokan bikin jadwal yang nantinya bikin kamu pusing sendiri.

6. Memaksakan Keadaan.

Misalnya, kamu mau berjemur di pantai tapi tiba-tiba hujan lebat datang. Ini bahaya banget kalo kamu tetep maksain. Mending berdoa supaya hujan cepat reda atau ubah planning berjemurmu esok hari dan lakukan kegiatan lain.

7. Boros.

Karena mau kasih makan media sosial, kamu jadi beli semua makanan-makanan unik dan barang-barang yang sebenarnya nggak butuh-butuh amat. Ingat ya, kamu masih butuh biaya untuk kebutuhan lain. Apalagi kalau beli tiket pulang, nggak lucu kan kamu terjebak karena kehabisan uang?

Nggak banget deh kalo kamu membiarkan kesalahan-kesalahan tersebut dan merusak perjalananmu. Kebahagiaan saat jalan-jalan itu adalah di saat kamu bisa melakukan efisiensi dalam waktu, keuangan, dan kenyamananmu sendiri. Semoga perjalanan liburanmu selalu menyenangkan ya, Commuters! [][teks @andiskaraf/ricksteves.com | foto pexels.com]