Survival di Alam Bebas Tanpa Bekal
Travel

Survival di Alam Bebas Tanpa Bekal

by Pandu
Wed, 27-May-2015

Film 5 cm sempat booming dan menginspirasi banyak remaja jadi suka berpetualang mendaki gunung. Rata-rata dari mereka sudah membawa perbekalan dari kota. Kalau begitu, di mana sisi adventure-nya?

Hmm, gimana  jika kamu cuma membawa alat seminim mungkin? Pisau, tali, jaket, dan korek. Betul-betul into the wild. Kalau sudah begitu, ini konsekuensi yang harus kamu jalani.


Tidur di antara pepohonan

Jangan coba belaga gila, tidur di padang terbuka tanpa tenda. Kamu bisa kena hipotermia. Buat gubuk seadanya dari batang pohon yang sudah patah. Lalu tutupi dengan semak supaya bisa hangat saat tidur.

Membuat api

Supaya nggak ada hewan yang mengganggu tempat tidurmu, buatlah api dengan menggunakan korek. Bikin api dari ranting atau daun kering.

Mencari air

Air kebutuhan utama sebelum mencari makan. Jika tak ada sungai atau mata air, kamu bisa menampung hujan atau embun. Bisa juga cari plastik lantas ikatlah pada dedaunan. Proses transpirasi tumbuhan akan memberikanmu air.

Berburu?

Kalau itu di taman nasional, lebih baik jangan. Bisa-bisa kamu nanti kena hukuman. Tapi jika sedang di laut atau pinggir sungai, buatlah tombak dari batang kayu dengan tiga mata untuk menangkap ikan.

Memakan tanaman

Kalau tidak ada hewan yang bisa kamu tangkap, mau tidak mau pilihannya adalah tumbuhan. Untuk memilah yang mana boleh dimakan atau tidak sebaikmya kamu membawa buku panduan. [][teks @HaabibOnta/scouttroop | foto scouttroop]