Berkunjunglah, Sebelum Mereka Lenyap
Travel

Berkunjunglah, Sebelum Mereka Lenyap

by Hagi
Wed, 27-May-2015

Berbagai tempat menarik di dunia menawarkan panorama yang indah. Tapi faktor alam, cuaca, dan tangan manusia, acap membuat perubahan drastis di beberapa lokasi di bumi. Tempat-tempat ini harus segera dikunjungi, sebelum mereka lenyap. Apa saja?

1. Laut Aral Sea, Kazakhstan/Uzbekistan - Sementara di tempat lain kebanjiran, bekas danau besar ini malah kekeringan karena ulah manusia. Oh! 

2. Menara Pisa, Italia - Kian hari menara ini kian miring dan mungkin saja menyusul menara lonceng di Pavia, Italia Utara yang runtuh pada tahun 1989. 

3. Venesia, Italia - Diperkirakan dalam kurun waktu 50 tahun lagi, naiknya permukaan laut akan benar-benar menenggelamkan kota indah penuh kanal ini.

4. Kepulauan Magdalen, Kanada - Pengikisan oleh cuaca ekstrim dan angin kencang mengancam keberadaan pulau indah di Teluk Saint Lawrence ini.

5. Great Barrier Reef, Australia - Tempat terumbu karang terbesar di dunia ini terancam musnah karena perubahan iklim, polusi, dan penangkapan ikan.

6. Taj Mahal, India - Makam terindah sedunia ini terus digerus usia. Hujan asam, polusi udara, dan kondisi bahan bangunan membuatnya terancam hancur.

7. Kawah Derweze, Turkmenistan - Tak ada yang tau, sampai kapan “kawah” yang terjadi karena kecelakaan pengeboran ini akan terus menyala.

8. Maladewa - Negara pulau ini tingginya nggak lebih dari 1,5 meter. Mereka terancam kelelep oleh naiknya permukaan laut.

9. Ko Tapu, Thailand - Tugu batu alam yang terlihat keren di film The Man with The Golden Gun itu kini di ambang runtuh, karena struktur tanah tak stabil.

10. Jendela Azure, Malta - Lokasinya di Gozo, Kepulauan Malta. Abrasi dan erosi bikin jendela ini terus terkikis. Para ahli bilang, ini cuma soal waktu. 

11. Taman Nasional Gletser, Montana - Pemanasan global adalah penyebab lenyapnya sejumlah gletser di sana. Ekosistem di tamnas ini terancam punah.

12. Belize Barrier Reef, Belize - Surga bagi jutaan spesies ini kian terancam pencemaran parah. Ekosistemnya nyaris hancur.

13. Laut Mati, Timur Tengah - Dataran terendah di muka bumi yang airnya paling asin ini terus mengalami pendangkalan setiap tahun. Buruan ke sana!  

14. Gunung Kilimanjaro, Tanzania - Studi ilmiah menunjukkan, 85% puncak Kilimanjaro yang terdiri dari salju abadi mulai menghilang.

15. Hutan Hujan Tahuamanu, Peru - Pembalakan liar dan penambangan emas membuat kerusakan serius pada habitat banyak hewan ini.

16. Pravcicka Brana, Czech Republic - Faktor alam selalu menjadi penyebab terkikisnya jembatan alam ini. Sayang banget kalo sampai runtuh. [][teks @evaevilia/list25.com | foto berbagai sumber]