}
Tempat Terbaik di Tibet, Negeri Atap Dunia
Travel

Tempat Terbaik di Tibet, Negeri Atap Dunia

by Intern
Tue, 10-Apr-2018

Tibet adalah provinsi dari Republik Rakyat Tiongkok, yang merupakan Daerah Otonomi Khusus RRT, berada di pegunungan Himalaya dan sering dikatakan sebagai puncak dunia, berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan India serta Xinjiang, Qinghai, dan Sichuan di Tiongkok.

Bagi sejumlah wisatawan asal Indonesia, Tibet yang biasa dikenal dengan sebutan “Negeri Atap Dunia” ini memang tidak setenar destinasi lain sebagai tujuan wisata. Padahal, daerah otonomi khusus China ini tidak kalah menggoda. Percaya deh, terutama bagi yang suka wisata alam dan budaya. Beberapa tempat terbaik di Tibet harus banget kalian kunjungi nih Commuters.

1. Namtso Lake

Destinasi wisata alam yang paling cantik di Tibet, sudah pasti Danau Namtso. Berada di ketinggian 4.718 dari permukaan laut, jika berkunjung ke sini kalian akan menemukan danau besar yang luasnya hampir mencapai 2 km2. Danau ini asin lho, airnya bukan air tawar seperti danau pada umumnya. Namtso juga merupakan danau air asin paling tinggi di dunia.

2. Mount Kailash

Mount Kailash ini menarik banget, terutama bagi yang punya jiwa petualang. Merupakan gunung suci bagi umat Hindu, Buddha Tibet, dan Jain. Bila ingin berkunjung ke Mount. Kailash, kita harus menyiapkan setidaknya tiga hari dengan kondisi badan yang sehat, karena medannya cukup berat. Selain pemandangan alamnya yang menyihir, kita juga bisa mengunjungi lima kuil yang tak kalah eksotisnya.

3. Jokhang Monastery

Vihara yang satu ini juga menjadi obyek wisata yang tidak kalah menarik, Commuters. Berada tepat di tengah Lhasa dan dibangun oleh King Songtsen Gampo pada abad ke-7. Highlight dari Jokhang Monastery adalah dua patung suci yakni Chenrezig dan Jowo Buddha. Jowo Buddha sendiri, merupakan bagian dari mahar yang diberikan oleh King Songtsen Gampo saat melamar seoang putri Cina, Princess Wencheng.

4. Potala Palace

Istana tempat Dalai Lama ini sudah berdiri sejak abad ke-7. Potala Palace juga bisa menjadi opsi tempat terbaik kalian di Tibet nih. Istana yang didominasi warna merah dan putih ini menyimpan ratusan lukisan serta hampir 10.000 gulungan kuno. Rata-rata berisikan tentang sejarah dan ajaran Sang Buddha.

5. Yarlung Tsangpo Grand Canyon

Tempat terbaik lainnya di Tibet adalah Yarlung Tsangpo Grand Canyon. Pemandangan indah akan langsung memanjakan mata ketika sampai di destinasi ini. Memiliki kedalaman rata-rata 2.268 meter dengan titik terdalam adalah 6.009 meter. Jangan sampai terlewat ya kalau kalian berkunjung ke Tibet.

6. Istana Musim Panas Norbulingka [Summer Palace]

Terletak di tepi Barat Lhasa di tepi Sungai Kyichu dan hanya satu kilometer dari Istana Potala yang terkenal, Istana Norbulingka menawarkan pemandangan terbaik di wilayah ini. Tersebar di area seluas 360.000 m², Norbulingka menampilkan istana musim panas di Dalai Lamas dengan 374 kamar, dan taman terbesar, terindah, dan terpelihara dengan baik di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet.

Commuters, waktu terbaik untuk melihat keindahan pemandangan Tibet adalah di musim gugur yaa, karena cuacanya sangat bersahabat untuk jalan-jalan. Tapi, kalau kalian menyukai suasana yang hangat, datanglah pada musim panas. Berbagai tempat di Tibet nggak akan bikin kalian nyesel deeh. [][teks @syahrima | foto berbagai sumber]