Ekspedisi Pasutri Mencapai Tebing El Capitan
Travel

Ekspedisi Pasutri Mencapai Tebing El Capitan

by Pandu
Thu, 11-Jun-2015

Biasanya sih, sepasang suami istri menghabiskan liburan ke hotel dan  makan malam di restoran. Tapi pakem itu nggak berarti bagi Tommy Caldwell [35] dan Becca [27]. Justru keduanya berlibur di tebing setinggi 3.000 kaki.

Dengan peralatan seminim mungkin, Tommy dan Becca menghadapi suhu beku sambil bergelantungan di tebing. Pasangan suami istri ini adalah freeclimber profesional yang berusaha mencapai puncak El Capitan, TamNas Yosemite, US. Mereka perlu waktu sekitar seminggu untuk sampai di puncak setinggi 2.307 Mdpl itu.

“Awalnya memang menakutkan kemping di tebing seperti ini. Tapi setelah yang kedua dan ketiga, rasanya sama seperti kemping di tanah. Bedanya, tidak ada api unggun saja,” ujar Caldwell.

Perjalanan pasangan ini menemui hambatan ketika hujan es menghadang. Kristal es menghujam tenda kecil itu. Belum lagi hembusan angin yang mengombang-ambing. Beruntung tali webbing, carbiner, dan pasak masih mampu menahan tubuh keduanya.

“Kami memasang tenda di tebing karena tidak mungkin memanjat sampai ke puncak dalam waktu sehari,” terang Caldwell.

El Capitan termasuk tebing yang paling sulit dipanjat di dunia. Sejauh ini belum ada yang berhasil mencapai puncak dengan cara freeclimb. Tapi Tommy dan Becca nekat melakukannya.

Setelah perjalanan 6 hari lamanya, pasangan suami istri ini memutuskan turun karena terjangan badai dan kondisi tenda tidak lagi memungkinkan, juga pasokan makan yang menipis.

“Kemping di tebing seperti ini, kami mendapat pemandangan dan pengalaman yang luar biasa,” tutup Caldwell. [][teks @HaabibOnta | foto corey rich]