Tips Bagasi Aman di Bandara
Travel

Tips Bagasi Aman di Bandara

by Sherra
Tue, 23-Jun-2015

Mau kemanapun Anda pergi, Anda akan menemukan beberapa masalah saat pengambilan bagasi, entah barang bawaan yang hilang, rusak atau dicuri orang.

Mungkin kalau Anda ikuti tips dari LINIKINI berikut ini, Anda bisa menghindari masalah-masalah umum seperti itu.

1. Cobalah membawa sedikit barang

Salah satu cara termudah untuk mencegah masalah saat pengambilan bagasi adalah membawa sedikit barang. Kalau satu tas saja cukup untuk barang, nggak usah pake dua tas. Paling nggak, tas Anda bisa masuk ke kabin.

2. Beri tanda pada tas

Dari sekian banyak tas, pasti ada yang mirip dengan milik Anda. Coba beri tanda pengenal dengan warna yang cerah dan unik. Ini bisa memudahkan Anda mengenali tas dengan cepat, misalnya berikan pita berwarna warni.

3. Berikan data atau informasi pada tas

Beberapa tas biasanya dibekali tag untuk nama dan alamat saat beli. Itu gunanya untuk informasi kontak kalay Anda lupa menjemput tas atau tas ditemukan orang lain. Coba tuliskan nama dan informasi kontak. Misalnya alamat, nomor telepon, atau alamat e-mail. Jangan cuma dituliskan di luar, tapi beri informasi kontak di dalam tas.

4. Cek ricek tag informasi di koper

Saat di konter check in, perhatikan dan pastikan tag tujuan yang ditempelkan petugas bandara itu benar. Biasanya dituliskan kode tujuan, nama, dan nomor penerbangan. Jangan lupa juga, samakan hal itu dengan tiket yang Anda pegang.

5. Segera ke tempat pengambilan bagasi

Setelah mendarat, segeralah ke tempat pengambilan bagasi. Kalau Anda bingung  dengan bandara yang asing dan area pengambilan bagasi yang luas, tanyalah kepada petugas penerbangan yang Anda gunakan atau lihatlah di papan informasi pengambilan bagasi.

6. Ambil posisi dan ambil tas Anda!

Saat putaran bagasi dimulai dan tas mulai keluar, mungkin akan banyak orang yang menunggu juga. Saat seperti inilah Anda harus berhadapan dengan banyak orang, dan waspada pada potensi  pencurian. Soalnya area pengambilan bagasi nggak terlalu ketat pengamanannya. Saat udah melihat tas Anda keluar, jangan ragu, grab your bag!

7. Jauhkan anak Anda dari putaran bagasi

Mungkin kadang ketika Anda datang ke tempat area pengambilan bagasi, putaran belum hidup dan menggoda untuk jadi tempat duduk atau membiarkan anak Anda bermain di putaran. Jangan lakukan! Putaran bagasi akan hidup tanpa ada peringatan.

8. Cek tag tas Anda sebelum meninggalkan area pengambilan bagasi

Setelah mendapatkan semua tas Anda, coba cek apakah informasi yang tertera di tag sesuai dengan tiket bagasi Anda. Jangan sampai kekurangan tas atau salah ambil tas. Daripada nantinya Anda ribet mengembalikan tas orang lain ke perusahaan penerbangan atau pemilik tas tersebut, lebih baik periksa kembali sebelum pergi.

9. Bersiap untuk hal buruk

Sesuatu yang buruk mungkin akan terjadi walaupun Anda udah melakukan tindakan pencegahan. Sedikit persiapan akan memudahkan Anda menemukan tas hilang, rusak, atau dicuri. Misalnya, dengan menyimpan struk pembelian tas, memotret tas beserta isinya, dan mengingat atau tulis detail dari warna, ukuran, merk, dan apapun itu untuk mendeskripsikan tas Anda.

10. Cek kerusakan tas sebelum meninggalkan bandara

Yeah, maskapai penerbangan nggak akan bertanggungjawab soal kerusakan kecil seperti roda koper patah, goresan kecil, pegangan tas yang hilang, atau hal-hal lain yang mereka anggap normal. Kalau tas Anda mengalami kerusakan berat yang disebabkan oleh maskapai penerbangan, segeralah laporkan kepada mereka sebelum meninggalkan bandara. Pastikan Anda mengikuti prosedur membuat klaim atas bagasi yang hilang atau rusak. [][teks @saesherra/airsafe.com | foto berbagai sumber]