Taman Nasional Meru Betiri 'Surga' Petualang
Travel

Taman Nasional Meru Betiri 'Surga' Petualang

by Pandu
Wed, 12-Aug-2015

Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Jember, Jawa Timur, terbentang luas lahan konservasi yang dilindungi pemerintah. Namanya Taman Nasional Meru Betiri. Belum banyak yang tahu tentang TamNas ini karena masih sedikit informasi tentangnya.

Dengan ekosistem mangrove, rawa, hutan hujan dan pantai yang biru, Meru Betiri tidak kalah ajib dari Baluran atau Ujung Kulon lho. Luasnya mencapai 58.000 hektar. Terdiri dari 4 zona yaitu, zona rimba seluas 22.622 Ha, zona pemanfaatan intensif seluas 1.285 Ha, zona rehabilitasi seluas 4.023 Ha, dan zona pemanfaatan khusus seluas 2.155 Ha.

Untuk mencapai 'surga' belantara, ada empat jalur alternatif yang bisa dipilih. Jalur Bandealit, ada banyak flora dan fauna yang menunggu di padang savanna untuk menyambutmu. Jika datang membawa alat snorkeling, ambillah Jalur Meru. Di balik bukit, ada Pantai Permisan yang menyimpan keindahan terumbu karang. Di Jalur Permisan, ada banyak ikan mujair yang bisa ditombak untuk bahan makanan. Ibaratnya, taman nasional ini seperti 'surga' bagi para petualang.

Waktu yang terbaik ialah ketika musim panas, mulai bulan Mei hingga September. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu yang sedang bertelur.

Selain penyu, ada juga satwa lain yang bisa diamati di alam bebas. Misalnya, kumbang hitam, kura-kura, macan tutul, banteng, kera ekor panjang, ajag, kucing hutan, rusa, bajing terbang ekor merah, dan merak.

Jika saja ada dinosaurus, Meru Betiri pantasnya disebut Jurassic Park!  [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto istimewa]