8 Tempat Kemping Terbaik di Indonesia
Travel

8 Tempat Kemping Terbaik di Indonesia

by Pandu
Wed, 19-Aug-2015

Salah satu cara menikmati hidup adalah kemping. Apalagi melakoninya bersama teman menginap di alam bebas sambil menyeruput teh atau kopi panas. Sendirian pun bisa jika ingin bersemedi.

LINIKINI menetapkan 8 tempat kemping terbaik di Indonesia. Mari kita mulai daftar terdekat hingga yang terjauh dari Jakarta. Enjoy.

Lembah Mandalawangi

Lembah legendaris ini adalah tempat bersemedinya Soe Hok Gie. Perlu Hiking sejauh 10km untuk mencapainya. Ciri khasnya kabut tipis, keteduhan, dan keheningan. Cuma orang yang punya keberanian bisa mencapainya.

Lembah Surya Kencana

Datanglah ketika musim panas. Bangun tepat di pukul 04.30, siapkan segelas teh atau kopi hangat. Bangunkan teman dan nikmati langit sunrise yang emas keunguan dengan taburan bintang.

Goberhood

Saat mendaki Gunung Papandayan, banyak orang akan memilih Pondok Selada untuk beristirahat. Padahal sebelumnya ada camping ground yang lebih oke. Landscape kawah dan Gunung Cikuray bisa terlihat dari sini.

Gunung Prau

Camping ground yang menghadap langsung Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ini sedang nge-hits. Terutama bagi pasangan-pasangan yang ingin cintanya abadi seperti dua gunung tersebut.

Ranu Kumbolo

Beberapa orang akan memilih kemping sambil menghadap bukit. Tapi itu sudah basi. pasang tenda di sisi sebaliknya, menghadap tanjakan cinta. Itu pun kalau berani. Maklum, di situ sepi sekali.

Pulau Sempu

Tahu film The Beach yang diperani Leonardo di Caprio? Nah tempat ini mirip sekali. Tapi ingat, ini adalah wilayah konservasi. Jadi, jaga selalu kebersihannya.

Plawangan Senaru

Di bawahmu, ada pemandangan Segara Anak dan awan yang membentang. Menengok ke atas, Puncak Rinjani menunggu dengan sabar. Gokil! cuma itu yang bisa menggambarkannya.

Danau Gunung Tujuh

Ini adalah danau tertinggi di Indonesia dan telah menjadi Situs Warisan Dunia. Terbentuk akibat letusan Gunung Merapi Purba. Bawa jaket yang tebal karena dingin sekali di sini. [][teks & foto @HaabibOnta]