}
10 Detektif Fiktif Ngetop
Trivia

10 Detektif Fiktif Ngetop

by Yogira
Fri, 18-Sep-2015

Di Indonesia, nggak ada profesi detektif swasta. Kalaupun ada, ya trio detektif kocak Warkop: Dono, Kasino & Indro. Itu pun cuma dalam film Pintar-Pintar Bodoh.

Lain lagi di luar negeri. Detektif swasta memang ada. Banyak orang yang keranjingan terhadap sepak terjangnya. Malah, ada yang dibikin secara fiktif.

Nah berikut adalah 10 detektif fiktif yang ngetop kelas dunia, baik dalam kisah novel, cerpen, maupun film.

1. Detektif Inspektur Thomas Linley

Meski berasal dari Inggris, Inspektur Linley adalah tokoh rekaan pengarang Amerika, Elizabeth George. Linley adalah penyelidik kasus pembunuhan di sekolah, dalam novel Well-Schooled in Murder.

2. Kinsey Millhone

Pencipta detektif fiktif ini adalah Sue Grafton. Dia menampilkan Millhone dalam novel serial sesuai abjad huruf. Contoh judulnya: A Is for Alibi, B Is for Burglar.  Kiprah Milhone pun akhirnya dibikin serial teve.

Philip Marlowe

Pencipta detektif Marlowe adalah Raymond Chandler. Sebagai detektif, Marlowe pertama kalinya muncul tahun 1939 dalam kisah The Big Sleep. Kisahnya pun diangkat ke layar teve.

Sam Spade

Detektif ini muncul hanya pada 1 novel dan 3 cerpen. Tapi karakternya terbilang mencuri perhatian karena gaya penyelidikannya. Sam Spade diciptakan Dashiell Hammett.

Inspektur Roderick Alleyn

Dia tampil pada 30 judul novel yang ditulis pengarang asal Selandia Baru, Ngaio Marsh. Detektif ini pun kiprahnya dibuat dalam cerita televisi.

Jules Maigret

Detektif fiktif ini termasuk ngetop. Padahal pengarangnya, George Simenon mengisahkannya bukan dalam bahasa Inggris, tapi Prancis. Ciri khas Maigret adalah: memakai pipa rokok, sering minum, dan berpakaian setelan panjang. 

Lord Peter Wimsey

Diciptakan pengarang Inggris, Dorothy L. Sayers, detektif ini memang hobinya menyelidiki kasus kejahatan. Wimsey mulai terkenal pada novel Clouds of Witness [1926].

Miss Marple

Detektif wanita ini diciptakan Agatha Christie. Tokoh Marple mulai muncul pada cerita pendek serial The Thirteen Problems. Marple pun direka sebagai detektif yang ahli psikologi.

Hercule Poirot

Detektif ini pun ciptaan Agatha Christie. Poirot pertama muncul pada cerita The Mysterious Affair at Styles, [1920]. Poirot adalah mantan polisi di Belgia, yang datang ke Inggris semasa Perang Dunia I.

Sherlock Holmes

Nah, inilah detektif paling legendaris. Penciptanya adalah Arthur Conan Doyle. Holmes mulai muncul pada novel A Study in Scarlet [1887]. Setelah itu namanya kian mendunia hingga kini, termasuk dibikin jadi film.

Nah, itulah detektif fiktif ngetop kelas dunia. Apakah Anda termasuk penulis yang bisa menciptakan tokoh detektif seperti mereka? [][teks @firza | sumber & foto listverse.com, openculture.com, comicvine.com]