}
Hewan Terancam Punah [bagian 1]
Trivia

Hewan Terancam Punah [bagian 1]

by Sherra
Tue, 20-Oct-2015

Dilansir dari situs stumbleupon.com, spesies di dunia akan menghilang sebanyak 150-200 spesies setiap harinya. Sebanyak 15% dari spesies mamalia dan 11% dari spesies burung masuk ke daftar terancam punah.

Manusia sibuk mengembangkan kota, mengeksploitasi sumber daya alam, membangun pertanian. Tapi manusia nggak menyadari atau peduli bahwa itu menghancurkan habitat alami makhluk lain, termasuk jenis-jenis hewan.

Hewan-hewan berikut ini adalah sebagian kecil dari ribuan makhluk yang terancam punah.

1. Hooded Seal

Hewan ini cuma bisa ditemui di bagian tengah dan barat perairan Atlantik Utara. Mereka udah diburu sejak pergantian abad untuk diambil kulitnya dan juga persediaan minyak. Kejam!

2. Kanguru Pohon

Sesuai namanya, mereka adalah hewan marsupial [hewan betina mamalia berkantung di perut]. Jenis Kanguru ini hidup di pohon. Habitatnya adalah hutan hujan tropis di Papua Nugini, Australia, dan pulau-pulau lain di wilayah ini. Dua hal yang mengancam kanguru pohon adalah hilangnya habitat dan perburuan. Habitat alami mereka dihancurkan oleh penebangan dan produksi kayu yang membuat hewan ini berhadapan dengan predator. Mereka juga diburu oleh suku-suku asli dan masyarakat.

3. Hering Berjanggut

Burung pemangsa nan eksotis ini menghuni Gunung Everest, Himalaya, dan wilayah pegunungan lainnya di Eropa dan Asia. The World Wildlife Fund [WWF] memperkirakan bahwa jumlah hering berjanggut hanya ada 10.000 pasang di alam liar yang tersebar di seluruh dunia.

4. Axolotl

Axolotl atau salamander Meksiko ini berasal dari banyak danau, salah satunya Danau Xochimilco di Mexico City. Pada 2010, axolotl liar hampir punah akibat urbanisasi di Kota Mexico dan polusi air. Pada tahun 2013, nggak ada individu yang masih hidup di alam liar.

5. Antelope Saiga

Awalnya mendiami padang Eurasia, termasuk Dzungaria dan Mongolia, antelop saiga adalah salah satu yang makhluk yang paling unik di dunia. Saat ini, mereka hanya ditemukan di satu lokasi di Rusia, dan tiga wilayah di Kazakhstan. Antelop saiga udah banyak diburu selama berabad-abad. Tanduknya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.

6. Olm

Makhluk aneh satu ini adalah salamander yang mendiami gua-gua di Eropa Tengah dan Eropa Tenggara. Ia hidup di tempat gelap gulita dengan kemampuan penglihatan yang buruk, tapi memiliki indera pendengar dan penciuman yang tajam. Olm sangat rentan terhadap perubahan lingkungan karena beradaptasi dengan kondisi di dalam gua. Parahnya, mereka terancam punah karena polusi air.

7. Monyet Hidung Pesek Rambut Emas

Monyet kecil lucu dan unik tinggal di daerah subtropis, hutan pegunungan Cina bagian tengah dan barat daya. Hewan ini hanya ditemukan di ketinggian 1.500 sampai 3.400 meter. Habitat mereka akan terancam karena pembabatan hutan. Kasian sekali ya..

8. Gavial