}
Hewan Terancam Punah [bagian 2]
Trivia

Hewan Terancam Punah [bagian 2]

by Sherra
Tue, 20-Oct-2015

Dilansir dari situs stumbleupon.com, spesies di dunia akan menghilang sebanyak 150-200 spesies setiap harinya. Sebanyak 15% dari spesies mamalia dan 11% dari spesies burung masuk ke daftar terancam punah.

Manusia sibuk mengembangkan kota, mengeksploitasi sumber daya alam, membangun pertanian.  Tapi manusia nggak menyadari atau peduli bahwa itu menghancurkan habitat alami makhluk lain, termasuk jenis-jenis hewan.

Hewan-hewan berikut ini adalah sebagian kecil dari ribuan makhluk yang terancam punah.

10. Pesut

Dilihat bentuknya, pesut mirip dengan paus putih. Namun pesut lah yang paling erat kaitannya dengan paus pembunuh. Populasi pesut terancam oleh penangkapan ikan.

11. Ketam Kenari atau Kepiting Kelapa

Berat artropoda darat terbesar di dunia ini mencapai 4 kg. Panjang tubuhnya hingga 40 cm dan bentangan kakinya sekitar 200 cm. Satwa ini ditemukan di pulau-pulau di Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, seperti di Kepulauan Gambier. Namanya berasal dari kemampuannya memanjat pohon kelapa dan membuka kelapa dengan cakar yang kuat.

12. Kakapo

Kakapo adalah burung beo yang nggak bisa terbang. Hewan unik ini diburu dan digunakan sebagai sumber daya makanan. Pemerintah Selandia Baru melindungi kakapo di tiga pulau bebas predator, dan diawasi secara ketat.

13. Dugong

Dugong telah diburu selama ribuan tahun hanya untuk daging dan minyaknya. Karena berumur panjang yaitu 70 tahun atau lebih, dan lambatnya tingkat reproduksi, dugong sangat rentan terhadap kepunahan.

14. Kukang

Pada tahun 2002, kukang sempat dianggap punah, namun ditemukan kembali. Sampai sekarang, sepertinya kukang tersisa 100 ekor. Inilah yang akan membuatnya termasuk di antara lima primata yang paling terancam di seluruh dunia. Huhuhu..

15. Laba-laba Biru Metalik [Gooty]

Karena pertama kali ditemukan di Gooty, India, ia disebut dengan Gooty. Akhirnya nama umumnya menjadi “Gooty Sapphire Ornamental Spider” or “Gooty Sapphire”. Habitat alaminya adalah hutan gugur di Andhra Pradesh, di pusat India Selatan. Karena penebangan kayu bakar dan panen, habitat laba-laba gooty ini sangat terancam punah. Ia juga merupakan korban perdagangan hewan karena banyak penggemar tarantula.

16. Makhor

Kambing bertanduk spiral ini terlihat seperti hewan mistis. Tapi ini beneran ada lho. Spesies besar kambing liar ini ditemukan di timur laut Afghanistan, Khyber Pakhtunkhwa utara, Azad Kashmir, Gilgit-Baltistan, Jammu dan Kashmir, Tajikistan selatan dan Uzbekistan selatan. Perkiraan global dari jumlah makhor dewasa yakni kurang dari 2.500 ekor.

17. Quokkas

Hewan yang selalu terlihat tersenyum ini ditemukan di beberapa pulau-pulau kecil di lepas pantai Australia Barat. Inilah alasan mereka menjadi salah satu marsupial yang paling ramah di dunia. Di daratan, mereka terancam oleh serangan rubah, kucing, anjing, dan dingoes. Quokka membutuhkan tanah padat untuk berlindung, namun penebangan dan pembangunan pertanian mengurangi habitat mereka, sehingga bisa menjadi faktor penurunan spesies.

18. Okapi