}
Ikan-ikan Cantik
Trivia

Ikan-ikan Cantik

by Pohan
Tue, 17-Nov-2015

Melihat ikan berenang di akuarium bisa melepas penat dan stres. Ikan adalah contoh keanekaragaman hayati yang sempurna. Mereka yang hidup di air laut pun banyak jenisnya. Ada berbagai macam warna dan ukuran ikan yang menarik. Ikan laut yang cantik dan langka tidak dianjurkan untuk dimakan. Berikut 15 spesies ikan yang paling indah di dunia:

1. Trigger Fish

Trigger Fish bisa ditemukan dalam jumlah besar di Indo-Pasifik, terutama di daerah pesisir atau di terumbu karang. Ikan cantik ini memiliki tubuh berbentuk oval dan kepala yang besar. Mulutnya kecil tapi sangat kuat untuk menghancurkan kerang.

2. Lined Butterflyfish

Lined Butterflyfish adalah salah satu spesies terbesar yang hidup di Laut Merah sampai ke Afrika Selatan. Bisa juga ditemukan di daerah-daerah tertentu seperti Hawaii dan Jepang Selatan.

3. Snakeskin Discus

Snakeskin Discus adalah ikan akuarium yang sangat populer. Perpaduan warnanya unik. Ia hidup di alam liar yang bisa ditemukan di berbagai daerah Sungai Amazon. Hanya jenis makanan tertentu yang ia konsumsi dan sebagian besar karnivora.

4. Regal Tang

Perpaduan warnanya menarik, ungu dan hitam serta ekor berwarna stabilo. Ukuran panjang ikan ini bisa mencapai 12 inci. Ia makan plankton, sedangkan spesimen yang lebih tua omnivora, dan kadang menggigit alga.

5. Pufferfish

Pufferfish adalah vertebrata kedua yang paling beracun di dunia. Ikan ini dijadikan makanan di negara-negara Asia tertentu seperti Jepang, Cina dan Korea. Hanya di tangan koki handal yang tahu bagian mana yang aman untuk disantap.

6. Pseudanthias Taeniatus

Pseudanthias taeniatus adalah ikan yang memiliki warna yang indah. Ikan ini dapat ditemukan di Laut Merah pada kedalaman berkisar antara 32-164 kaki. Ia salah satu penghuni laut yang eye-catching di dunia dengan ukuran 5,1 inci.

7. Lyretail Anthias

Penyelam menemukan Lyretail Anthias di bawah gelombang Samudera Hindia. Ikan ini merupakan bagian dari subfamili Anthiinae. Warna indahnya terdiri dari oranye dan kuning. Ukurannya bisa mencapai 5,9 inci.

8. French Angelfish

French Angelfish hidup di bagian barat Samudera Atlantik serta Teluk Meksiko dan perairan Karibia. Ia memiliki perpaduan warna garis kuning yang kontras. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 15 inci. Ikan ini bisa dimakan karena dagingnya lezat.

9. Flame Angelfish

Warnanya cerah, perpaduan oranye-merah. Ditambah 5 garis vertikal hitam pada sisi-sisinya serta sentuhan hitam dan ungu-biru di sirip belakangnya. Umurnya bisa mencapai 7 tahun. Ia hidup di perairan tropis Samudra Pasifik.

10. Dwarf Gourami