}
10 Organisasi Pencinta Lingkungan Internasional
Trivia

10 Organisasi Pencinta Lingkungan Internasional

by Yogira
Wed, 25-Nov-2015

Kamu termasuk pencinta lingkungan? Nah, informasi ini bisa menambah wawasanmu. Siapa tahu kamu tertarik jadi relawan pencinta lingkungan.

Lingkungan di planet bumi ini kian menguatirkan. Perlu kesadaran dan aktivitas untuk memeliharanya. Jadi, nggak heran, semakin hari banyak organisasi di berbagai negara berpartisipasi menyelamatkan bumi  dari kerusakan.

Nah, berikut ini adalah 10 organisasi/badan yang terlibat dalam penangangan masalah lingkungan. Mereka terbilang lembaga populer dengan anggota relawan yang tersebar di berbagai negara. Kamu tertarik? Yuk kita kenalan dulu.

1. World Wildlife Fund [WWF]

Hampir semua orang pencinta lingkungan pasti mengenal organisasi berlogo panda ini. Tercatat ada sekitar 5 juta anggotanya di seluruh dunia. Konsentrasi lembaga ini adalah pelestarian binatang agar tidak punah.

worldwildlife.org

2. Greenpeace

Nah, ini juga termasuk paling ngetop di dunia. Organisasi yang pusatnya di Amerika ini terbilang paling keras melawan perusak  lingkungan, terutama yang menyangkut kerusakan lingkungan karena bermacam polusi.

greenpeace.org

3. National Geographic Society

Inilah salah satu organisasi lingkungan terbesar dan ternama di dunia. Sejak berdiri tahun 1888, lembaga ini sudah tak terhitung aktif dalam pelestarian lingkungan, berikut kampanyenya ke seluruh dunia.

nationalgeographic.com

4. National Wildlife Federation

Pendirinya adalah Jay Darling pada tahun 1936 di Amerika. Anggotanya kini tercatat 4 juta orang. Aktivitas paling putamanya adalah pelestarian satwa.

nwf.org

5. Rainforest Action Network [RAN]

Markasnya di San Fransisco Amerika dan Tokyo, Jepang. Pengurusnya 43 orang dengan anggota relawan mencapai ribuan. Aktivitas mereka untuk kampanye lingkungan mendapat pujuan dari berbagai media sebagai organisasi yang cerdas dalam melestarikan lingkungan secara menyeluruh.

ran.org

6. The Nature Conservancy

Didirikan tahun 1951 oleh Richard Pough di Virgina, Amerika. Lembaga ini lebih fokus pada kampanye lingkungan dengan memanfaatkan media online, seperti melalui media sosial, blog, dan aplikasi digital.

nature.org

7. Worldwatch Institute

Salah satu institute terbesar di dunia yang respek pada lingkungan berikut layanan dan penelitiannya, yang disebarkan melalui berita secara online ke 100 negara lebih. Sejak didirikan tahun 1974, lembaga ini selalu jadi referensi untuk pengambil kebijakan pemerintah, masyarakat sipil, para pengusaha, dan juga pelaku akademis.

worldwatch.org


8. Friends of The Earth

Lembaga  ini lebih banyak menjalani program yang berkaitan dengan kesehatan manusia, satwa, tetumbuhan, tanah, air, dan udara dan fokus untuk menghentikan pemanasan global.

foei.org


9. Forest Stewardship Council [FSC]

Organisasi ini terbesar di 46 negara. FSC sering membantu perusahaan, pemerintah, dan penduduk dalam mencaga kelangsungan hutan dari kerusakan. FSC banyak mendapat penghargaan atas aktivitasnya di bidang pelestarian hutan.

us.fsc.org


10. Intergovernmental Panel on Climate Change [IPCC]

Lembaga ini dijalankan oleh ratusan ilmuwan untuk meriset perubahan iklim. Mereka sangat aktif menuntaskan perbagai masalah mengenai pencemaran akibat penyalahgunaan bahan bakar.

ipcc.ch

[][teks @firza | sumber momtastic.com | foto kellymartinspeaks.co.uk, thedrum.com]