}
Mau Jadi Ninja? Kuasai Dulu Alat ini!
Trivia

Mau Jadi Ninja? Kuasai Dulu Alat ini!

by Pandu
Wed, 01-Apr-2015

Legenda tentang Ninja asal Jepang santer harum di penjuru benua Asia. Kemampuan memata-matai bahkan jurus membunuhnya, bikin banyak orang tertarik mempelajarinya.

Jadi Ninja itu nggak mudah lho, karena mereka telah dilatih sejak kecil. Latihan berat itu supaya mereka bisa jadi pembunuh gelap. Dalam aksinya, mereka selalu membawa senjata andalan. Misalnya shuriken dan wakizashi.

Kalau kalian mau coba jadi Ninja, alat-alat ini harus dikuasai nih.

Wakizashi - Kalo Samurai biasa menggunakan katana, maka Ninja menggunakan wakizashi. Simpelnya, wakizashi adalah versi pendek katana. Panjangnya sekitar 30-60 cm. Biasanya ditaruh di balik punggung, seperti keris milik orang Jawa. Wakizashi dipakai untuk pertarungan jarak dekat dan sedang. Sederhana dan efisien.

Kama - Bentuknya mirip sabit pemotong rumput, karena memang Kama awalnya dipakai untuk potong rumput. Tapi Ninja memodifnya dengan gagang yang lebih panjang. Dan mata pisau yang tajam sekali. Kama juga senjata tradisional asli Okinawa. Bisa untuk close atau middle combat.

Kusari-gama - Bentuknya mirip dengan kama. Tapi Kusari-gama punya rantai dan bandul di pangkalnya. Kusari-gama dipakai untuk menyerang dalam jarak dekat dengan memutarnya seperti double stick. Bisa juga untuk melumpuhkan senjata lawan dengan cara mengaitnya.

Sai - Senjata tradisional asal Okinawa ini juga banyak dipakai di India, China, dan Malaysia. Seperti Kama, Sai aslinya juga alat perkebunan yang dimodifikasi ulang. Seorang ninja akan menggunakan dua Sai sekaligus untuk pertarungan jarak dekat.

Shuriken - Wah, ini pasti sering lihat kan? Pisau kecil berbentuk mirip seperti bintang. Dipakai untuk pertarungan jarak dekat atau jauh. Perlu lengan yang kuat agar shuriken menancap dalam. Sementara jika jarak dekat, Ninja akan mengincar pembuluh nadi saat pakai shuriken.

Kunai - Senjata tradisional Jepang ini biasa terbuat dari besi sepanjang 40cm dan tanpa dipoles lagi. Kunai sebetulnya bukan senjata untuk dilempar seperti shuriken karena beratnya. Ninja menggunakan Kunai untuk pertarungan jarak dekat dan menyerang leher atau dada lawan. [][teks @HaabibOnta | foto coolcostumes]