}
Dewa Petir Ada di Indonesia?
Trivia

Dewa Petir Ada di Indonesia?

by Pandu
Mon, 07-Dec-2015

Beberapa wilayah di bumi punya aktivitas petir yang tidak wajar. Ada sejumlah daerah dalam setahun bisa dihajar  petir ratusan kali. Penyebabnya berbeda-beda, tergantung geografi wilayahnya.

NASA mencatat,  yang paling jarang terkena petir adalah negara-negara yang rata-rata terletak di bagian Utara atau Selatan bumi. Misalnya, Eropa Utara, per tahun petir cuma sekali terjadi menyambangi kawasan ini. Malah, di Kutub Utara dan Kutub Selatan [Antartika], petir belum pernah terjadi. Sementara yang paling konsisten adalah negara yang dilewati garis Khatulistiwa.

Nah, baca sampai habis, dan jangan kaget dengan daerah paling sering disambar petir menurut NASA.

1. Republik Kongo, Afrika Tengah

Dua cuaca yang berbeda antara daratan Afrika dan Samudra Atlantik bertemu di Kongo. Terciptalah hujan disertai petir-petir yang menyalak.

2. Pegunungan Andes, Amerika Selatan

Angin hangat dari Samudra Pasifik yang membawa massa air, bertemu cuaca dingin Pegunungan Andes. Maka, terjadilah aktivitas hujan badai tinggi.

3. Kawasan Himalaya, Asia Tengah

Seperti kasus di Pegunungan Andes, ini juga terjadi di kawasan Himalaya. Angin dari Samudera Hindia bertabrakan dengan cuaca ekstrem Himalaya.

4. Florida, Amerika Serikat

Antara Tampa sampai Orlando, disebut juga Lembah Petir. Uap panas dari Samudera Atlantik bergumul dengan Uap panas dari Teluk Meksiko. Hasilnya, jeder!

5. Pampas, Argentina

Idealnya, dataran rendah yang dikelilingi savana tidak terkena terjangan petir. Tapi tidak dengan Pampas, baik musim panas maupun hujan, daerah ini selalu dihantam badai petir

6. Depok, Indonesia

Tau daerah Pondok Petir? Nama itu bukan sembarang nama. Pasalnya, di situ memang sering terjadi serangan petir. Peneliti asal ITB mencatat 340 kali sambaran positif, 8.520 kali sambaran negatif, dan 1.151 sambaran antarawan. Kekuatan maksimum yang tercatat 290,2 kA.

Makannya warga di daerah itu sering diminta mematikan lampu kalau hujan besar. Maklum petir di situ sering menyambar travo. Bahkan PLN pernah merugi karena sambaran petir yang terjadi selama 200 hari. [][teks @HaabibOnta/nasa.gov | foto thisisengland.com]