}
Penemuan Bangsa China yang Mengubah Dunia
Trivia

Penemuan Bangsa China yang Mengubah Dunia

by Dedi
Sun, 27-Dec-2015

China dikenal sebagai sebuah bangsa dengan kebudayaanya yang tinggi. Dan bukan hanya itu saja, banyak penemuan-penemuan bangsa China yang mengubah dunia.

1. Alkohol

Catatan mengenai pembuat alkohol tertua di Cina adalah Yi Di dan Du Kang dari Dinasti Xia [2.000 - 1.600 SM]. Minuman dengan kadar alkohol 4 - 5 % banyak di konsumsi di Cina pada saat itu dan bahkan digunakan sebagai persembahan pada ritual keagamman di Dinasti Shang [1.600 - 1.046 SM].

2. Jam Mekanik

Menurut sejarah, jam mekanik pertama kali di dunia dibuat oleh Yi Xing, pendeta Budha dari Dinasti Tang [618 - 907]. Jam Yi beroperasi meggunakan tetesan air yang jatuh pada sebuah roda yang berputar selama 24 jam.

3. Produksi Teh

Seorang penemu China yang tak dikenal menemukan alat untuk membelah daun teh menjadi potongan kecil dengan sebuah alat yang mempunyai roda yang tajam di tengah wadah kayu atau keramik sehingga mudah diseduh.

4. Sutra

Bangsa China yang menemukan bagaimana memanen serat sutra untuk ditenun sebagai kain dan kertas sutra ribuan tahun yang lalu. Kain sutra tertua yang ditemukan di Propinsi Hainan berasal dari 3.630 SM.

5. Peleburan Besi dan Baja

Bukti arkeologis menyatakan bahwa peleburan besi dan baja ditemukan di China di era Dinasty Zhou [1050 - 256 BC]. Metalurgis China pertama yang terkenal adalah Qiwu Huaiwen dari Dinasti Wei [386 - 557] yang menemukan proses membuat baja dengan menggunakan besi tempa dan besi cetakan.

6. Porselen

Porselen adalah sejenis keramik yang dibuat dengan menggunakan temperatur panas dan ditemukan di cina pada era Dinasti Shang [1.600 - 1.046 SM] dan disempurnakan di era Dinasti Song [960 - 1279].

7. Kompas

Penemuan kompas di Cina pada awalnya bukan sebagai alat navigasi tapi untuk menemukan keharmonisan geometri menurut Feng Shui. Bukti arkeologis mengatakan bahwa kompas digunakan sebagai penentu arah di China pada era Dinasti Song [960- 1279].

8. Mesiu


Ditemukan oleh seorang alkemis yang mencari cairan keabadian, Wujing Zongyou di abad ke-9. Formula untuk membuat mesiu ditulis oleh Zeng Gongliang dan Ding Du di era Dinasti Song [960 - 1279].

9. Alat Cetak Bergerak

Cetakan pertama ditemukan di China dengan adanya teknik mencetak menggunakan cetakan kayu pada era Dinasti Tang [618 -907] dan pada era Dinasti Song [960 -1127], Bi Sheng menemukan alat cetak bergerak yang menggunakan tanah liat sebagai cetakannya. Sebuah revolusi besar pada teknik mencetak.

10. Pembuatan Kertas

Pembuatan kertas adalah salah satu kontribusi China di peradaban manusia. Kertas pertama kali dibuat di China pada era Dinasti Han [202 - 9 SM]. Cai Lun menemukan cara membuat kertas menggunakan jaring ikan, kulit kayu, dan potongan tali atau karung. [][teks @dd_sarwono, china.org.cn | foto china.org.cn]