}
Penemuan Inovatif 2015
Trivia

Penemuan Inovatif 2015

by Sherra
Wed, 30-Dec-2015

Banyak inovasi yang diciptakan untuk membuat hidup lebih mudah, lebih pintar, dan di antaranya membuat hidup lebih menyenangkan. Simak ya, berikut ini adalah sebagian dari banyak penciptaan pada tahun 2015.

1. Pantelligent

Bukan sembarang wajan, Pantelligent adalah wajan mutakhir yang dirancang Humberto Evans, Mike Robbins, Kyle Moss, Yuan Wei. Dengan desain inovatif dan teknologi pintar, Pantelligent mengoptimalkan waktu masak dan suhu makanan agar menghasilkan hidangan yang sempurna setiap kali memasak. Jadi bisa tahu kapan makanan matang atau kapan harus dibalik. Panci ini menggunakan bluetooth dan terkoneksi dengan aplikasi smartphone.

2. Modular Artificial Reef Structure [MARS]

Alex Goad menciptakan terumbu karang buatan untuk menjadi rumah yang nyata bagi kehidupan bawah laut. Berbeda dengan terumbu karang buatan lainnya, kelebihan MARS lebih fleksibel, dapat diletakkan di permukaan yang nggak rata, memiliki susunan kimiawi yang mirip dengan karang asli, tekstur permukaannya bisa menjadi tempat bersembunyi organisme kecil, dan menangkap pusaran air yang membawa nutrisi untuk organisme laut.

3. TZOA Pollution Monitor

Sekarang udara mengandung polusi yang berpotensi membahayakan. Guna membantu mengetahui udara yang aman untuk bernapas, Kevin R. Hart and Laura Moe menciptakan alat yang bisa menghitung kadar polusi udara. Kipas di bawah penutup TZOA ini memasukan udara luar hingga masuk melewati laser untuk sensor. TZOA akan memberikan warna sesuai dengan tingkat keamanan udara. Alat ini juga terhubung dengan aplikasi smartphone untuk menampilkan datanya.

4. The Transparent Truck

Pernah 'kan mengendarai kendaraan di belakang truk besar? Lalu visibilitas untuk mendahului pun terhalang dengan badan truk yang tinggi itu? Nah, Samsung dan agen iklan Leo Burnett menciptakan sistem rekaman video dari depan truk yang tayang di empat layar pada belakang truk. Jadi bisa memberikan  pandangan yang jelas untuk pengemudi di belakangnya.

5. Thinx, Period-proof Underwear

Tiap kali menstruasi pasti wanita sangat was-was dengan 'kebocoran' dan harus selalu bergantung pada pembalut yang terasa tebal dan mahal. Miki dan Radha Agrawal menciptakan Thinx. Celana dalam ini bisa dicuci, digunakan kembali, dan dilengkapi dengan empat lapisan kain penyerap, dan antimikroba.

6. The Drinkable Book

Diperkirakan, 663 juta orang di seluruh dunia nggak memiliki akses air minum bersih, sebagian karena filtrasi yang rumit dan mahal. The Drinkable Book dikembangkan oleh tim ilmuwan selama beberapa tahun. Tiap lembaran buku ini bisa menjadi filter air, mematikan lebih dari 99% dari bakteri berbahaya [selama percobaan di Bangladesh, Ghana dan Afrika Selatan]. Penelitian ini masih diperlukan untuk menentukan apakah sistemnya dapat menyaring semua kontaminan, termasuk virus.

7. The Lowline, Underground Park

Taman bawah tanah ini berlokasi di terminal troli bersejarah di Lower East Side, New York. Dan Barasch dan James Ramsey membangunnya sebagai area hijau dengan berbagai tanaman bunga untuk bersantai di bawah sinar matahari. Sinarnya didapat melalui sistem dari sekitar atap dan saluran bawah tanah melalui kabel fiber-optic. Cahayanya akan menyinari taman ini melalui kubah reflektif dan memungkinkan tanaman bisa tumbuh.

8. Bionic Ears

Kalau sedang terjebak di suatu tempat yang sangat bising, pada dasarnya kita punya dua pilihan: tutup telinga atau menghindarinya. Beda dengan earplug lainnya, alat ini terhubung dengan aplikasi di smartphone. Pengguna bisa memilih sendiri mana suara yang ingin mereka saring. Misalnya, sedang ngobrol dengan teman, lalu ada suara bising. Dengan alat ini, kita bisa tetap ngobrol normal tanpa mendengar suara bising itu.

9. Artiphon Instrument 1

Nggak semua orang bisa main alat musik dengan baik. Artiphon dapat meniru puluhan instrumen. Bukan cuma suaranya, tapi juga bagaimana cara bermainnya. Alat ini dapat dipetik seperti gitar, dipencet seperti piano, atau bisa dipukul seolah-olah alat ini adalah drum.

10. Braigo Braille Printer

Braigo [Brai-lle +Le-go] adalah printer huruf braille yang paling murah di dunia. Karena harga mesin printer huruf Brailler sungguh mahal, yakni 1.800 USD, Shubham Banerjee, anak berusia 13 tahun membuat mesin printer brailler versi murah dengan mainan Lego. Alat ini terdiri dari bagian-bagian printer dan didukung oleh chip Intel Edison. Braigo 2.0 ringan, portabel, menggunakan kedua Wi-Fi dan Bluetooth. Braigo akan secara otomatis menerjemahkan teks biasa ke dalam Braille sebanyak 160 halaman dalam 35 detik. [][teks @saesherra/popsci.com/time.com | foto berbagai sumber]