}
9 Lokasi Paling Ekstrem di Bumi
Trivia

9 Lokasi Paling Ekstrem di Bumi

by Pandu
Mon, 25-Jan-2016

Bumi ini memang tempat yang indah. Meski para peneliti percaya ada planet di luar sana yang bisa ditinggali oleh manusia, barangkali tetap tak seindah bumi. Segala kemungkinan bisa saja terjadi 'kan.

Seperti 9 tempat di berikut ini, kalian barangkali tidak akan percaya bahwa di Bumi yang indah punya tempat seperti..

1. Tempat Tercuram di Bumi

Gunung Thor, Kanada. Gunung ini adalah idaman bagi para pemanjat tebing meskipun disebut yang paling curam. Ada kepuasan tersendiri jika tiba di puncak.

2. Desa Terdingin di Bumi

Oymyakon, Rusia. Desa ini dulu dipakai untuk membuang politikus yang tak sejalan dengan Lenin. Pernah desa ini bersuhu -71C pada tahun 1924.

3. Tempat Terkering di Bumi

Gurun Atacama, Chile. NASA dan National Geographic merilis bahwa tanah di Atacama seperti di Mars.

4. Tempat Terpanas di Bumi

Gurun Lut, Iran. Hanya petualang ‘gila’ yang mau mencoba bertahan hidup di gurun bersuhu 70C. Bahkan roti bisa terbakar jika ditaruh di tanahnya.

5. Tempat Paling Terisolasi di Bumi

Pulau Tristan da Cunha, Inggris. Pulau milik pemerintah Inggris ini berada di tengah Samudera antara benua Afrika dan Amerika. Hanya ada 300 penduduk di pulau ini.

6. Benua Terdingin di Bumi

Antartika. Hanya benua ini yang tidak berpenduduk sebelum abad ke-19 karena suhu dingin yang ekstrem. Sampai sekarang benua ini pun non-negara.

7. Tempat Terbasah di Bumi

Mawsynram, India. Guinness Book of World Records menyebut kota ini paling basah karena curah hujan tertinggi di dunia.

8. Air Terjun Tertinggi di Bumi

Angel Falls, Venezuela. Air terjun ini setinggi 979 meter dan berada di wilayah hutan lindung. Jadi, orang tidak bisa sembarang mendekat. Kalau lihat dari jauh, boleh saja.

9. Laut Paling Berbahaya di Bumi

Gansbaii, Afrika Selatan. Disebut paling berbahaya, karena hiu putih berenang bebas di sekitar pantai Gansbaii. Berani renang bareng hiu putih? [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto rd.com]