}
12 Danau Terunik di Dunia
Trivia

12 Danau Terunik di Dunia

by Pandu
Mon, 01-Feb-2016

Sebelumnya, kami pernah menurunkan tulisan "Danau Terindah" dan "Danau Terluas". Ini saatnya kami suguhkan "Danau Terunik". Di antara daftar di bawah ini ada satu danau yang belum pernah dilihat dengan mata telanjang sama sekali karena letaknya yang jauh dari permukaan tanah.

1. Danau Boiling, Dominica

Air di danau ini bersuhu antara 85-90C. Jadi, wisatawan jangan coba-coba berenang jika masih sayang nyawa.

2. Danau Gippsland, Australia

Karena konsentrasi organisme bernama noctiluca scintillans, danau ini bisa terang saat gelap. Noctiluca bersinar jika merasa terancam.

3. Pitch Lake, Trinidad

Ini adalah danau aspal terbesar di dunia. Yap, bukan air tetapi danau yang isinya aspal alami terbesar di dunia.

4. Laguna Colorada, Bolivia

Berada di ketinggian 4.000Mdpl, danau ini bisa berwarna pink karena alga yang hidup di dalamnya. Saat musim panas, ada banyak bangau yang hidup di sini.

5. Bappu Hells, Jepang

Danau ini gabungan antara Danau Boiling dan Laguna Colorada. Inilah danau berair panas dan berwarna pink.

6. Danau Nyos, Kamerun

Meski terlihat tenang, danau ini sangat berbahaya karena mengandung CO2 yang tinggi akibat aktivitas vulkanik di dalamnya. Sekali berenang bisa mati.

7. Danau Aral, Kazakhstan

Bukti bahwa pemanasan global benar terjadi. Lihatlah Danau Aral yang sekarang cuma tersisa 1/3 bagian saja karena menyusut.

8. Danau Plitvice, Kroasia

Lanskap danau ini seperti bayangan kita tentang surga. Ada Danau dan air terjun yang menyatu dengan indah.

9. Danau Taal, Filippina

Seperti Danau Toba, Danau Taal terbentuk juga karena ledakan kuno gunung berapi. Bedanya, gunung ini dekat sekali dengan laut.

10. Danau Kakaban, Indonesia

Di Kakaban orang-orang bisa berenang dengan aman dan santai bersama ubur-ubur karena hewan itu tidak punya sengatan berbahaya.

11. Laut Mati, Israel dan Yordania

Karena konsentrasi garam yang amat tinggi di danau ini, jadi tidak mungkin orang tenggelam di sini. Setiap orang pasti mengambang.

12. Danau Vostok, Antartika


Disebut sebagai danau paling perawan di muka bumi. Letaknya 3,5 km di bawah lapisan es Antartika. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto berbagai media]