}
Mitos Seputar Imlek
Trivia

Mitos Seputar Imlek

by Dedi
Sat, 06-Feb-2016

Di balik meriahnya perayaan Tahun Baru Imlek ternyata masih ada beberapa mitos berkaitan dengan Imlek yang dipercaya etnis Tionghoa di Indonesia:

1. Mitos tentang Rambut 

Potong rambut di tahun baru akan membawa hal buruk. Di hari pertama tahun baru juga tidak boleh keramas agar keberuntungan tidak ikut hilang.

2. Mitos tentang Kejadian dan Pembicaraan

Bila seseorang berkata kasar, sepanjang tahun ia akan dijauhi keberuntungan. Pembicaraan terkait roh orang mati juga dilarang karena membawa kematian.

3. Mitos tentang Rumah

Membersihkan rumah pada tahun baru dipercaya membawa nasib buruk untuk setahun mendatang. Saat malam tahu baru juga tidak boleh menemui orang di kamar tidur, karena bisa membawa kesialan. Karena itu, semua orang, termasuk bayi dan orang sakit harus berkumpul di ruang tamu.

4. Mitos tentang Jual Beli

Tidak boleh membeli buku memiliki pelafalan yang sama dengan kehilangan Selain itu juga tidak boleh membeli sepatu, karena bunyinya sama dengan kata kesulitan.

5. Mitos tentang Benda yang Harus Disimpan

Alat pembersih rumah, termasuk sapu, harus disembunyikan agar keberuntungan terlindungi. Benda tajam seperti pisau dan gunting juga harus disimpan agar tidak memotong keberuntungan.

6. Mitos tentang Warna Keberuntungan

Masyarakat Tionghoa percaya merah adalah warna pemberi keberuntungan karenanya tak heran semua berwarna merah pada Tahun Baru Imlek. Angpau diberikan dalam amplop merah dengan harapan agar anak-anak tumbuh sehat dan bahagia. [][teks @dd_sarwono/idntimes.com | foto weareaspire.com]