}
Gembok Cinta
Trivia

Gembok Cinta

by Dedi
Sat, 13-Feb-2016

Sejarah Gembok Cinta berawal sekitar 100 tahun yang lalu berdasarkan kisah cinta Nada dan Relja dari Serbia yang berakhir tragis karena terpisahkan Perang Dunia I.

Dan sejak itu mulailah para wanita memasang gembok bertuliskan nama mereka dan pasangannya di pagar jembatan Most Ljubavi, tempat Nada dan Relja sering bertemu. Gembok tersebut dimaksudkan agar cinta mereka tidak terlepaskan dan agar tidak bernasib sama dengan Nada dan Relja.

Tradisi Gembok Cinta ini kembali marak sekitar tahun 2000-an di Eropa, seperti di jembatan Pont de l'Archevêché - Paris, jembatan Ponte Milvio - Roma, dan masih banyak lagi.

Tapi bukan hanya di Eropa saja, di indonesia ternyata juga ada beberapa tempat para kekasih bisa memasang gembok cinta mereka agar hubungan cinta mereka tak terlepaskan:

1. Sorong

Terdapat warung Gubug Gembok Tjinta [GGT]. Selain bisa menyantap makanan dan minuman, disediakan tempat khusus untuk memasang gembok cinta bagi para pengunjungnya.

2. Probolinggo

Berlokasi di wahana wisata Bee jay Bakau Resort terdapat tempat mengaitkan gembok cinta di pagar kawat yang bertuliskan tulisan Gembok Cinta BJBR.

3. Malang

Di Taman Median, Jalan Veteran, Malang, ada pagar kawat bertuliskan “Ngalam I’m in Love” yang merupakan spot untuk mengaitkan gembok cinta.  

4. Batu

Di tempat wisata Museum Angkut yang berada di kota Batu ini terdapat Love Padlock Museum Angkut and Movie Star, tempat para pengunjung bisa mengaitkan gembok cinta mereka.  

5. Yogyakarta