}
Kisah-Kisah Cinta Tragis yang Legendaris
Trivia

Kisah-Kisah Cinta Tragis yang Legendaris

by Dedi
Fri, 12-Feb-2016

Cinta dikatakan sebagai anugerah yang paling indah. Dan walaupun berakhir tragis, berikut adalah kisah cinta yang paling legedaris di dunia:

1. Helen dan Paris

Kisah mitos ini bermula dari Paris, seorang pangeran Troya yang ditugasi memilih dewi mana yang yang paling cantik: Hera, Athena, atau Aphrodite. Paris memilih Aphrodite dan sebagai hadiahnya ditunjukkanlah wanita yang paling cantik di dunia yaitu Helen, Istri Raja Sparta, Menelaus. 

Karena sudah jatuh hati, Paris menculik Helen yang memicu perang Troya. Paris tewas ketika Troya kalah perang dan Helen akhirnya kembali ke suaminya di Sparta.

2. Cleopatra dan Mark Anthony

Kisah cinta mereka terkenal dalam sejarah karena berakhir dengan bunuh dirinya pasangan yang saling jatuh cinta ini.

Ketika perang saudara antara Mark Anthony dan Kaisar Augustus berlangsung, Mark Anthony bunuh diri setelah mendengar kabar palsu tewasnya Cleopatra. Putus asa mendengar Mark Anthony tewas, Cleopatra akhirnya membunuh dirinya dengan gigitan ular berbisa.

Menurut legenda, mereka berdua dikuburkan di tempat yang sama yang sampai sekarang keberadaannya masih belum diketahui.

3. Guinevere dan Lancelot

Kisah ini adalah bagian dari legenda Raja Inggris, Arthur. Dikisahkan Guinevere, istri Raja Arthur jatuh cinta dengan Lancelot, seorang ksatria terbaiknya.

Terjadilah perpecahan di antara para ksatria meja bundar. Ada yang mendukung Raja Arthur dan ada yang mendukung Lancelot dan peperangan antara dua kubu tak bisa dihindarkan.

Perpecahan itu dimanfaatkan Mordred untuk menyerang yang menyebabkan tewasnya Arthur. Guinevere dan Lancelot yang menyesal akhirnya menghabiskan sisa hidup mereka sebagai biarawati dan pendeta.

4. Romeo dan Juliet

Kisah cinta karangan William Shakespeare pada tahun 1590-an ini bercerita tentang sepasang kekasih yang berasal dari dua keluarga yang saling bermusuhan.

Juliet yang diam-diam telah menikah dengan Romeo dijodohkan dengan Count Paris, dan untuk menghindari pernikahan paksanya Juliet meminum racun yang membuatnya seakan-akan mati.

Putus asa karena menyangka Juliet mati, Romeo akhirnya membunuh dirinya setelah sebelumnya memenangkan duel dengan Count Paris.

5. Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Setelah istrinya, Mumtaz Mahal meninggal ketika melahirkan anaknya yang ke-14, Shah Jahan dilanda kesedihan yang amat sangat. Dan untuk membuktikan betapa besar cintanya, Shah Jahan membangun makam terindah yang pernah ada di dunia untuk mendiang Mumtaz Mahal yaitu Istana Taj Mahal, salah satu dari 7 keajaiban dunia baru.

Dikatakan bahwa tadinya Shah Jahan akan membangun istana yang sama megah untuk makam dirinya. Sayangnya rencana itu tidak terwujud karena digulingkannya dia dari kekuasaan. [][teks @dd_sarwono, historylist.org, wikipedia.org | foto berbagai sumber]