}
10 Tank Tercanggih di Dunia
Trivia

10 Tank Tercanggih di Dunia

by Dedi
Thu, 18-Feb-2016

Tank pertama kali muncul di medan perang pada 1916 dalam perang antara Inggris melawan Jerman di Perang Dunia I.

Bertenaga mesin traktor yang lambat, tank ditujukan sebagai mesin perang yang mampu menerobos medan berat, pagar kawat berduri, dan pertahanan musuh.

Tank akhirnya berevolusi. Tiap negara berlomba untuk membuat tank yang lebih cepat, lebih mematikan dan lebih kuat, dan berikut adalah 10 yang tercanggih di dunia:

10. T-84 Oplot-M [Ukraina]

Pecahnya Uni Soviet membuat Ukraina harus memodernisasi tank T-80UD peninggalan Soviet menjadi T-84 Oplot-M untuk memenuhi kebutuhan militernya.

Tank ini dipersenjatai meriam 125mm, misil yang dipandu laser, pencari sasaran dengan pencitraan thermal, armor anti ledakan dan sistem pengganggu misil musuh.

9. Type 99 A2 [China]

Tank buatan China sebelumnya merupakan hasil dari meniru desain tank Soviet tetapi dengan kualitas yang jauh lebih rendah.

Tapi kini tidak lagi. Dengan antar-muka digital dan sistem manajemen tempur, Type 99 A2 menunjukkan kecanggihan tinggi sebagai generasi ke 3 dari MBT [Main battle Tank] buatan China.

8. AMX-56 Leclerc [Prancis]

Tank ini merupakan tank termahal di dunia berkat sistem komputerisasinya yang canggih seperti sistem target digital yang bisa mengunci 6 sasaran sekaligus.

Dilengkapi dengan meriam 120mm dan misil yang berjarak jangkau 4 km, tank ini juga mempunyaii armor titanium dan sistem pendeteksi serangan misil musuh.

7. Challenger 2 [Britania Raya]

Dijuluki sebagai tank teraman di dunia berkat armor "Dochester" yang merupakan komposit dari beberapa jenis metal dan keramik.
Challanger 2 dipersenjatai meriam 120mm yang dipandu oleh sistem komputer buatan Kanada dan dilengkapi sistem informasi tempur buatan Inggris.

6. Leopard 2A7+ [Jerman]