}
Rawa Terbesar di Bumi
Trivia

Rawa Terbesar di Bumi

by Pandu
Sun, 21-Feb-2016

Menurut Wikipedia, pengertian rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis.

Di bumi ini ada banyak sekali rawa-rawa, misalnya,  yang tersebar di Kalimantan, Sumatera dan Papua. Tapi sayang, rawa-rawa di tiga pulau tadi belum sebesar rawa ini:

1. Vasyugan, Rusia

Volumenya 53.000km kubik. Rawa ini 20% lebih lebar daripada negara Swiss!! Total ada 800 danau yang terkurung di rawa ini jika air sedang menyusut. Gila!

2. Pantanal, Brasil

Volumenya 100.000km kubik. Jika sedang musim hujan, luas danau ini makin bertambah. Melebihi luas negara Inggris. Panatal dalam bahasa Portugis berarti tanah basah.

3. Sudd, Sudan

Luasnya 57.000 km2. Selama musim hujan, Rawa Sudd bertambah dua kali lipat luasnya. Hampir bisa mencakup satu Prancis. Rawa ini termasuk wilayah konservasi yang terlindung.

4. Sundarbans, Bangladesh

Luasnya 10.000km2. Sundarbans  berarti "hutan indah". Di sini banyak bertumbuhan pohon Sondari. Rawa ini juga berdempetan dengan Sungai Gangga. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto Wikipedia]