}
5 Palung Terdalam di Dunia
Trivia

5 Palung Terdalam di Dunia

by Pandu
Wed, 24-Feb-2016

Sampai saat ini palung laut masih jadi misteri bagi ilmu pengetahuan, khususnya tentang segala hal yang terkandung dan berhasil hidup di dalamnya. Perlu peralatan super canggih untuk bisa menyelam ke dalam laut supaya tidak hancur oleh tekanan arus air.

Banyak peneliti yang berusaha menjelajah sampai ke dalam, tapi beberapa belum berhasil. Ini 5 palung paling dalam yang masih menjadi misteri.

1. Palung Kermadec, Jepang

Dalamnya 10.047 meter. Palung ini berhasil ditelusuri hingga dasar pada 2012 oleh Deep Sea Researcher. Seekor Giant Amphipod berusia ratusan tahun ditemukan di dasar palung ini.

2. Palung Kuril-Kamchatka, Samudra Pasifik

Dalamnya 10.500 meter. Terbentuk akibat ledakan gunung merapi jutaan tahun lalu. Palung ini hingga sekarang seringkali jadi pusat gempa.

3. Palung Filippina, Filipina

Dalamnya 10,540 meter. Terbentang seluas 32 km di timur laut Filipina. Titik terdalamnya diberi nama Galathea dan semakin mengerucut 16 cm per tahunnya karena pergerakan lempeng.

4. Palung Tonga, Samudra Pasifik

Dalamnya 10.882 meter. Bertengger sendirian di tengah samudra Pasifik, Palung Tonga belum ada yang sampai ke titik terdalam yang diberi nama Horizon.

5. Palung Mariana, Samudra Pasifik Barat

Dalamnya 11.033 meter. Palung ini seluas 69 km dengan panjang 2,550 km. Jika dibandingkan, Palung Mariana sebesar Gunung Everest. Belum diketemukan makhluk hidup yang tinggal di titik terdalamnya. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto subseaworldnews]