}
10 Perampokan Bank Terbesar
Trivia

10 Perampokan Bank Terbesar

by Pohan
Sun, 20-Mar-2016

Perampokan bank yang sukses memerlukan kreativitas cerdas dan strategi licik. Tapi segala cara yang dilakoni para perampok berujung penangkapan. Inilah 10 nama-nama perampokan bank terbesar:

10. Loomis Fargo and Company [1997] - sekitar Rp. 234 Miliiar

Perampokan terjadi pada tahun 1997. Aksi dilakukan dengan mobil berlapis baja. Perampok dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara.

9. Dunbar Armored [1997] - sekitar Rp 247 Miliar

Kasus perampokan ini dianggap salah satu yang terbesar dalam sejarah AS. Saat beraksi perampok membungkam penjaga dengan lakban. Mereka nyaris lolos, namun akhirnya tertangkap.

8. Northern Bank [2004] - sekitar Rp 652 Miliar

Perampokan di Irlandia ini dianggap salah satu perampokan bank terbesar dalam sejarah Inggris. Perampok sempat  menyamar sebagai polisi agar bisa masuk ke rumah dua pejabat bank.

7. Banco Central [2006] - sekitar Rp 910 Miliar

Perampok niat menggali, bikin pencahayaan dan sistem pendingin udara untuk terowongan hingga mereka bisa merampok dengan nyaman.

6. Great Train Robbery [1963] - sekitar Rp 965 Miliar

Perampokan dilakukan di kereta. Mereka melumpuhkan masinis dengan memukul bagian kepala dengan pipa besi. Namun perampok berjumlah 13 orang itu berhasil ditangkap.

5. Securitas Depot [2006] - sekitar Rp 1,2 Triliun

Kasus ini dianggap sebagai perampokan uang tunai terbesar dalam sejarah Inggris pada waktu itu. Sejumlah orang diculik hingga perampok mengancam keluarga manajer bank.

4. Knightsbridge Security Deposit [1987] - sekitar Rp 2,6 Triliun

Aksi perampokan ini dipimpin penjahat asal Italia yang terkenal pada waktu itu, Valerio Viccei yang mengancam manajer dan staf bank dengan pistol. Kemudian ia sempat ditangkap dan kini sudah bebas.

3. British Bank of the Middle East [1976] - sekitar Rp 2,7 Triliun

Perampok memanfaatkan bantuan tukang kunci untuk membongkar lemari besi bank. Selain uang, perampok mengambil emas batangan, serta perhiasan.

2. Dar Es Salaam [2007] - sekitar Rp 3,6 Triliun

Aksi dilakukan hanya semalam. Ketika karyawan datang keesokan harinya, mereka menemukan pintu depan terbuka, pintu lemari besi terbuka, uang lenyap, dan penjaga pun hilang.

1. Central Bank of Iraq [2003] - Rp 12 Triliun

Perampok tidak memakai topeng, tidak membawa senjata, atau menyandera. Seorang bernama Qusay menarik uang dengan menggunakan tandatangan Saddam Hussein. [][teks @pohanpow/therichest.com | foto therichest.com]