}
Kereta Api Terpanjang di Dunia
Trivia

Kereta Api Terpanjang di Dunia

by Yogira
Tue, 22-Mar-2016

"Naik kereta api, tut..tut..tut…siapa hendak turut?" Yup, naik kereta api [KA] memang menyenangkan, tapi tentu saja kereta api yang  nyaman dan khusus untuk penumpang.

Lalu gimana dengan kereta api terpanjang dunia? Nyaman pasti karena dibuat sangat apik dan terencana.  Nah, berikut adalah daftar kereta apinya.

1. Kereta api Penumpang buatan NMBS Belgia

KA penumpang ini panjangnya 1732.9 m, yang dirangkai dengan 70 gerbong. KA yang masuk Guiness World of Record ini beroperasi sejauh 62,5 km dari Ghent ke Ostend.

2. Leigh Coal Creek

Panjangnya 3 km dan melaju dalam kecepatan 80 km/jam. KA ini menggunakan gabungan 3 lokomotif untuk menarik 160 gerbong dan biasa menempuh jarak 250 km untuk mengangkut batubara di Port Augusta, Australia.

3. Canadian National Railway

Canada pun punya salah satu kereta terpanjang sedunia, panjangnya 2,7 km. Tapi digunakan untuk mengangkut material berbahaya.

4. KA Barang di Jawa

Panjangnya 400 meter, dengan rangkaian 30 gerbong. Biasanya dipakai mengangkut 1.680 material sekali jalan.

5. Yixinou, China

Panjangnya tidak bisa dipastikan. Namun KA ini biasanya terdiri dari 40 gerbong dan menempuh perjalanan lintas benua dari Spanyol ke China sejauh 13.052 km [][teks @firza/berbagai sumber | foto youtube.com, alstom.com]